Resmi: Formula 1 Singapura Berlangsung hingga 2028

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 17:54 WIB
Formula 1 (F1) telah mencapai kesepakatan dengan Singapura untuk menggelar balapan mobil paling prestisius tersebut hingga 2028. Ilustrasi balapan Formula 1 seri Singapura yang berlangsung malam hari. (AP Photo/Lim Yong Teck)
Jakarta, CNN Indonesia --

Formula 1 (F1) telah mencapai kesepakatan dengan Singapura untuk menggelar balapan mobil paling prestisius tersebut hingga tujuh tahun ke depan atau hingga 2028.

Ini adalah perpanjangan kontrak dari kesepakatan sebelumnya pada 2017. Kontrak tersebut berdurasi empat tahun atau hingga 2021. Namun balapan pada musim 2020 dan 2021 tak bisa dilangsungkan karena pandemi Covid-19.

Karena dua edisi balapan batal, F1 memberi perpanjangan kontrak lima tahun plus dua tahun sebagai kompensasi dua edisi yang batal. Rencananya balapan F1 di Singapura pada tahun ini akan berlangsung pada 2 Oktober.


CEO Formula 1, Stefano Domenicali, mengatakan senang F1 bisa berlangsung di Singapura hingga 2028. Apalagi Sirkuit Jalan Raya Marina Bay menjadi lokasi balapan malam pertama dalam sejarah F1, yakni pada 2008.

"Singapura memiliki tempat khusus di kalender F1, dan perpanjangan ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk terus mengembangkan olahraga ini di Asia," kata Domenicali dilansir dari situs resmi Formula 1

"Rencana kami menjadi olahraga Net Zero Carbon pada 2030 dan saya berharap dapat melanjutkan hubungan sukses kami dengan GP Singapura dan Badan Pariwisata Singapura sebagai Formula 1 kembali ke kota luar biasa ini," ujarnya.

Kepala Eksekutif Dewan Pariwisata Singapura (STB) Keith Tan mengaku bangga dengan kepercayaan F1. Menurutnya, menjadi tuan rumah jadi bukti bahwa Singapura adalah kota global yang dinamis dan menarik.

"STB menyambut baik kesempatan kerja dengan mitra kami untuk memperkenalkan ide dan konsep baru untuk meningkatkan pengalaman balapan dan menjadikan seluruh acara sebagai salah satu sirkuit jalanan paling ramah lingkungan di kalender F1."

"Kami berharap dapat menyambut wisatawan internasional kembali ke Singapura pada 2022 untuk balapan, dan mendorong mereka untuk juga menjelajahi penawaran baru dan konsep ulang dari kami," kata Keith Tan.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER