7 Fakta Jelang Indonesia vs India di Final Thomas Cup

ptr | CNN Indonesia
Minggu, 15 Mei 2022 09:27 WIB
Indonesia akan menghadapi India dalam laga final Thomas Cup 2022. Berikut fakta menarik jelang duel tersebut. Anthony Ginting dan kawan-kawan akan berjumpa India di final Thomas Cup. (AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia akan menghadapi India dalam laga final Thomas Cup 2022. Berikut fakta menarik jelang duel tersebut.

Indonesia akan berjumpa India dalam duel di final Piala Thomas, Minggu (15/5). Indonesia melangkah ke final setelah menaklukkan Jepang sedangkan India maju ke partai puncak dengan menyisihkan Denmark.

Berikut tujuh fakta menarik jelang final Thomas Cup:


1. Indonesia sudah mengoleksi 14 gelar Thomas Cup dalam sejarah dan berstatus sebagai negara dengan koleksi gelar juara terbanyak. Bila kembali jadi juara, Indonesia akan makin menegaskan status tersebut.

2. India untuk pertama kalinya bisa masuk ke final Thomas Cup. India akan berusaha jadi negara keenam yang mampu memenangkan Thomas Cup.

3. Pertemuan terakhir Indonesia vs India di ajang Thomas Cup terjadi pada edisi 2016, tepatnya di fase grup. Indonesia saat itu menang dengan skor telak 5-0. Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Hendra Setiawan adalah nama-nama yang turun pada laga itu dan masih ada dalam skuad Indonesia saat ini.

4. India melaju ke babak final dengan dua kali mengantongi kemenangan 3-2 atas Malaysia dan Denmark. Dalam dua kemenangan itu, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Kidambi Srikanth, dan H.S Prannoy selalu keluar sebagai penyumbang poin kemenangan.

5. Di kubu Indonesia, setelah kalah terus di fase grup, Anthony Ginting berhasil bangkit dan tampil impresif untuk menaklukkan Zhao Jun Peng dan Kento Momota di fase knock out untuk membuka kemenangan Indonesia.

6. Jonatan Christie dan Kidambi Srikanth sudah 11 kali bertemu dengan rekor 5-4 untuk keunggulan Jonatan. Keduanya berpeluang besar untuk melakoni laga ke-10 di final Thomas Cup 2022.

Banner live streaming MotoGP 2022

7. Delapan pemain masih bertahan dari skuad Indonesia yang juara Thomas Cup tahun lalu. Delapan pemain tersebut adalah Anthony Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, dan Muhammad Rian Ardianto.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER