ANALISIS

Transformasi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games

Abdul Susila | CNN Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 08:15 WIB
Timnas Indonesia U-23 memastikan satu tempat di semifinal SEA Games 2021 (SEA Games 2022) dengan transformasi permainan yang meyakinkan. Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di babak semifinal SEA Games. (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Hanoi, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 memastikan satu tempat di semifinal SEA Games 2021 (SEA Games 2022) dengan transformasi permainan yang meyakinkan.

Dalam laga perdana melawan Vietnam pada 6 Mei, tim asuhan Shin Tae Yong ini kedodoran. Jangankan bermain dengan indah, memberi perlawanan yang sengit pun tidak. Timnas U-23 dibantai 0-3.

Pemusatan latihan di Korea Selatan selama dua pekan dan tiga kali uji coba, seperti sia-sia. Karakter main Fachrudin Aryanto dan kawan-kawan jomplang dibanding tipikal saat Piala AFF 2020 (2021) di Singapura.


Berikutnya melawan Timor Leste pada 10 Mei. Dalam laga di Stadion Viet Tri, Pho Tho, ini Timnas U-23 menang 4-1. Kendati menang telak permainan Garuda Muda tak cukup mencerminkan karakter sebuah tim juara.

Tiga pemain senior yang dipanggil untuk menjadi pembeda malah seperti sedang migran atau sakit kepala sebelah. Fachrudin, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya tampil bak layangan putus.

Umpan mereka sering salah, ceroboh, dan tak stabil saat duel satu lawan satu. Sudah begitu bola yang mereka kuasai mudah direbut lawan.

Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Vietnam Duc Hoang Nguyen (kanan) dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Indonesia kalah dengan skor 0-3. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.Timnas Indonesia menunjukkan tren peningkatan dari kualitas permainan di lapangan. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Dalam pertandingan ketiga melawan Filipina pada 13 Mei, situasinya mulai berubah. Kekhawatiran bakal ditahan The Young Azkals, seperti dirasakan Vietnam, bisa disangkal. Timnas U-23 mulai tampil digdaya.

Kombinasi bola-bola pendek dan panjang, akselerasi dari sayap, juga antisipasi serangan balik mulai efektif. Hanya antisipasi bola mati yang masih terlihat lemah. Klok sebagai dirigen lini tengah pun enerjik menjadi katalisator.

Banner video highlights MotoGP 2022

Karakter olah bola Ricky yang seperti jurus mabuk; limbung dan susah ditebak, berkali-kali membuahkan hasil. Pemain yang baru dipinang Persib Bandung dari Persebaya Surabaya ini mulai menemukan sentuhan terbaiknya.

Witan Sulaeman yang sebelumnya kesulitan mengeluarkan kualitas terbaiknya juga mulai berbahaya. Adapun Egy Maulana Vikri yang sebelumnya seperti kehilangan sentuhan magis, sedikit demi sedikit mulai bisa mengeluarkan gocekan patah pinggang.

Terakhir, segenap pemain Timnas U-23 mulai nyaman dan tampil bersenang-senang saat melumat Myanmar dengan skor 3-1 pada 15 Mei. Kemenangan ini membuahkan tiket ke semifinal.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

Rotasi dan Strategi Tersembunyi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER