Klaim Peluang Italia ke Piala Dunia 2022 Kembali Muncul

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 12:58 WIB
Mantan anggota Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) Franco Chimenti mengklaim timnas Italia masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022 jika Ekuador dihukum. Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022. (REUTERS/ALESSANDRO GAROFALO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan anggota Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) Franco Chimenti mengklaim timnas Italia masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022 jika Ekuador dihukum.

Timnas Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar setelah dikalahkan Macedonia Utara 0-1 di babak semifinal playoff zona Eropa pada Maret lalu.

Sebelumnya muncul rumor timnas Italia bisa lolos ke Piala Dunia 2022 menggantikan posisi Iran yang terancam sanksi FIFA. Rumor itu kemudian dibantah pihak FIFA.


Kali ini rumor timnas Italia bisa lolos ke Piala Dunia 2022 kembali muncul. Chimenti mengklaim Gli Azzurri bisa tampil di Piala Dunia 2022 sebagai pengganti Ekuador.

"Masih ada peluang melihat Italia bermain di Piala Dunia [2022] peluangnya lebih konkret daripada yang orang-orang pikirkan. Rupanya Ekuador telah menggunakan pemain yang tidak diizinkan berada di lapangan dan bisa mendapat hukuman," ucap Chimenti dikutip dari Football Italia.

FIFA sedang melakukan investigasi terkait dugaan Ekuador menggunakan pemain tidak sah, Byron Castillo, di kualifikasi Piala Dunia 2022. Tuduhan itu kali pertama dilakukan pihak Federasi Sepak Bola Chile (FFCh).

Castillo bermain delapan pertandingan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmecbol, termasuk dua kali melawan Chile.

FIFA disebut bisa membuat dua keputusan berbeda terkait hukuman untuk Ekuador. Pertama, Ekuador akan kehilangan seluruh poin di pertandingan Castillo bermain. Kondisi itu membuat Chile bisa naik di klasemen zona Conmebol.

Keputusan kedua adalah mencoret Ekuador dari Piala Dunia 2022 dan memberikan tiket ke negara lain. Di posisi ini yang diyakini Chimenti bisa diberikan kepada Italia.

"Jika itu terjadi negara lain harus menggantikan Ekuador, dan aturan FIFA menyatakan bahwa negara tertinggi di peringkat FIFA harus ditarik kembali, dan saat ini adalah Italia," ucap Chimenti.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER