STY Santai Asnawi Absen: Ada Ilham Rio Fahmi

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 13:35 WIB
Shin Tae Yong tidak khawatir Asnawi Mangkualam absen saat Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand pada semifinal SEA Games 2021. Ilham Rio Fahmi (kiri) bisa menjadi pengganti Asnawi Mangkualam di Indonesia vs Thailand.(ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shin Tae Yong tidak khawatir Asnawi Mangkualam absen saat Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand pada semifinal SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5).

Asnawi dipastikan absen pada laga Indonesia vs Thailand karena akumulasi kartu kuning. Shin Tae Yong tidak terlalu khawatir Indonesia tidak akan diperkuat Asnawi.

Pelatih asal Korea Selatan itu menganggap Timnas Indonesia U-23 punya pengganti Asnawi yang cukup sepadan dalam diri Ilham Rio Fahmi.


Rio yang merupakan pemain Persija Jakarta sempat mendapat kritikan karena penampilannya yang kurang meyakinkan di beberapa awal laga SEA Games 2021. Tapi Shin Tae Yong menganggap penampilan Rio sudah meningkat.

"Asnawi tidak bisa main karena akumulasi kartu, dan sebagai pengganti ada Rio. Performa Rio di partai pertama tidak begitu baik, tapi setelah itu partai-partai berikutnya performa [Rio] semakin naik," ujar Shin dalam sesi jumpa pers jelang Indonesia vs Thailand, Rabu (18/5) siang.

Pada partai pertama melawan Vietnam, Rio tampil penuh. Namun bek kanan 20 tahun itu terlihat tampil grogi. Sisi kanan Timnas U-23 pun menjadi titik eksploitasi Vietnam yang salah satunya berujung menjadi gol.

Pada pertandingan kedua melawan Timor Leste, Rio tetap starter. Rio baru digantikan Asnawi pada babak kedua. Meski tak tampil penuh, Rio menyumbang satu assist dalam pertandingan tersebut.

Untuk pertandingan ketiga melawan Filipina, giliran Asnawi menjadi pilihan Shin. Kendati demikian Rio tak hanya memanaskan bangku cadangan, melainkan sempat main pada pengujung babak kedua.

Terakhir saat melawan Myanmar, Rio kembali tampil sebagai cadangan. Meski tak memberi kontribusi yang menonjol, permainan Rio dianggap meningkat dibandingkan laga pertama melawan Vietnam.

"Untuk besok Rio main atau tidak, bisa saksikan besok. Saya tidak bisa mengatakan siapa yang akan turun di starting line-up karena saya baru akan memutuskannya besok," ucap Shin Tae Yong.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER