4 Negara Disebut Tertarik Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

CNN Indonesia
Kamis, 16 Jun 2022 11:00 WIB
Sebanyak empat negara dikabarkan tertarik menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menggantikan China. Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak empat negara dikabarkan tertarik menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menggantikan China.

Keempat negara itu adalah Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Keempat negara ini tertarik menjadi tuan rumah menggantikan China yang memutuskan mundur.

China mengambil langkah drastis ini karena pandemi Covid-19 yang meningkat. Pihak penyelenggara tidak ingin mengambil risiko dengan tetap menggelar pesta sepak bola antaranegara Asia tersebut.

Berdasarkan informasi dari akun Twitter @theaseanball, Qatar bahkan dilaporkan sudah menyiapkan waktu yang dinilai pas untuk menggelar Piala Asia 2023. Jika terpilih Qatar akan menghelat turnamen ini pada Januari 2024.

Rancangan jadwal dari Qatar ini mundur dari jadwal yang telah ditetapkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Seperti diketahui Piala Asia 2023 direncanakan berlangsung pada 16 Juni-16 Juli 2023.

Selain keempat negara di atas, peluang negara-negara lain yang telah dipastikan lolos termasuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah terbuka. AFC membuka kesempatan kepada 24 tim peserta putaran final untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Banner live streaming MotoGP 2022

Minat untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah itu harus disampaikan kepada AFC paling lambat pada 30 Juni mendatang.

Timnas Indonesia memastikan lolos ke Piala Asia usai menang telak atas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6) dini hari WIB. Kemenangan dengan skor meyakinkan ini membantu Timnas Indonesia memastikan satu tiket lewat jalur runner up terbaik.

Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan menempati posisi kedua dan kalah dari Kirgistan yang menempati posisi teratas. Timnas Indonesia terpaut satu poin dari Kirgistan yang mengoleksi tujuh poin.

[Gambas:Video CNN]



(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER