Jajal Motor MotoGP, Toprak Sempat Kebingungan

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 12:40 WIB
Toprak Razgatlioglu kebingungan ketika mencoba sepeda motor MotoGP dalam sesi tes di Sirkuit Aragon, Spanyol, Selasa (21/6). Toprak Razgatlioglu menjajal motor MotoGP Yamaha YZR-M1. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juara bertahan World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu kebingungan ketika mencoba sepeda motor MotoGP dalam sesi tes di Sirkuit Aragon, Spanyol, Selasa (21/6).

Sirkuit MotorLand Aragon menjadi tempat bagi Toprak melakoni debut menunggangi sepeda motor MotoGP. Pembalap Pata Yamaha itu mencoba YZR-M1 didampingi Cal Crutchlow yang merupakan pembalap tes Yamaha.

"Ini adalah hari pertama saya mengendarai sepeda motor MotoGP Yamaha M1 dan saya merasa banyak sekali perbedaan dengan Yamaha R1 saya," kata Toprak dikutip laman resmi WSBK.


Menurut pembalap 25 tahun tersebut, tunggangan MotoGP memiliki kekuatan yang lebih tinggi. Sistem elektronik dan gearbox yang lebih kompleks pun membuatnya sempat bingung.

"Di setiap lap saya banyak belajar karena dari WSBK ke mesin MotoGP tidak mudah untuk beradaptasi. Untungnya saya kenal Cal Cruthclow yang memberi saya saran dan membantu saya," ujarnya.

Dalam tes MotoGP itu, Toprak menyelesaikan 40 lap sebelum sesi tes berhenti akibat turun hujan.

[Gambas:Instagram]

"Kondisi [cuaca] sempat sangat panas hari ini, jadi saya sempat terjebak untuk melakukan lima atau enam putaran untuk mendapatkan perasaan pertama terhadap sepeda motornya," ujar Toprak.

Toprak menilai Sikruit Aragon memiliki karakter bergelombang. Meski begitu, pembalap yang merebut gelar juara dunia WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika itu mengaku tidak mengalami masalah berarti selama tes.

"Saat saya menonton MotoGP di televisi pada balapan di Aragon, Anda bisa melihat [sirkuitnya] agak bergelombang dan saya bisa merasakannya hari ini. Tidak terlalu buruk, tetapi Anda harus menjaga gas tetap terbuka untuk melewati gundukan, karena jika Anda menutupnya maka akan tidak stabil," ujar Toprak.

Meski sudah menjalani tes MotoGP, kesempatan Toprak menjadi pembalap MotoGP belum terbuka. Bos tim MotoGP Yamaha Lin Jarvis dikabarkan belum membuka lowongan bagi Toprak untuk MotoGP 2023.

Pasalnya tim MotoGP Yamaha masih mengikat kontrak Fabio Quartararo hingga 2024 dan Franco Morbidelli sampai 2023 mendatang.

Kesempatan Toprak mungkin baru terbuka di MotoGP 2024 jika ingin bergabung dengan tim pabrikan Yamaha. Opsi lainnya Toprak bisa bergabung dengan tim satelit pada MotoGP 2023.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER