STY Hentikan Latihan Sejenak saat Azan Berkumandang

Abdul Susila | CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 21:34 WIB
Langit di Stadion Madya sudah gelap. Lampu stadion pun sudah dinyalakan. Begitu samar terdengar suara azan Magrib, Shin Tae Yong langsung meniup peluit. Shin Tae Yong menghentikan latihan ketika azan berkumandang. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Langit di Stadion Madya sudah gelap. Lampu stadion pun sudah dinyalakan. Begitu samar terdengar suara azan Magrib, Shin Tae Yong langsung meniup peluit.

Pemain yang sedang menjalani latihan otomatis rehat. Mereka menuju titik-titik tempat air mineral diletakkan. Sekurangnya selama dua menit atau hingga azan usai, pemain dapat jatah istirahat.

Hal ini terlihat dalam latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya selama tiga hari terakhir, Selasa hingga Kamis (21-23/6). Shin mengatakan ini merupakan caranya menghormati agama pemain.


Dalam tiga hari tersebut, Timnas U-19 memulai latihan pada pukul 17.00 WIB. Biasanya pemain sudah tiba di stadion pada pukul 16.40 WIB. Adapun ofisial tim datang lebih awal, sekitar pukul setengah lima.

Tidak seperti umumnya latihan yang dimulai dengan pemanasan lari-lari kecil. Setelah memberi arahan awal sebelum latihan, pemain langsung menjalani latihan shadow football bersama para asisten Shin.

Latihan ini sekurangnya berlangsung dalam tempo 20 hingga 30 menit. Usia itu pemain menerima materi passing atau peningkatan fisik. Semua ini menggunakan bola, sebagaimana rumus sepak bola modern.

Terakhir, atau sesi paling lama, biasanya berkaitan dengan taktik permainan. Dalam tiga hari terakhir Shin menggembleng pemain dengan materi bertahan dan menyerang secara bergantian.

Saat menjalani materi inilah biasanya azan magrib sekitar pukul 18.12 WIB berkumandang. Tak peduli apakah latihan baru dimulai, Shin akan meniup peluit sebagai tanda latihan jeda sejenak.

Latihan yang dijalani Ahmad Rusadi dan kawan-kawan baru benar-benar berhenti ketika sudah memasuki pukul 18.30 WIB atau lebih. Dengan kata lain masih ada waktu singkat bagi pemain untuk menunaikan salat Magrib.

"Memang selalu begitu selama ini. Kalau ada azan dihentikan latihan satu hingga dua menit, sampai selesai [azan]. Itu salah satu cara untuk menghargai agama pemain," kata Shin.

Banner live streaming MotoGP 2022

Latihan yang dijalani Shin bersama Timnas Indonesia U-19 merupakan bagian dari persiapan menuju Piala AFF U-19 2022. Dalam turnamen ini Timnas U-19 tergabung bersama Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Brunei.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER