Pelatih Tokyo Verdy Beri 2 Catatan untuk Arhan

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 10:37 WIB
Pelatih Tokyo Verdy Hiroshi Jofuku memberikan catatan untuk Pratama Arhan usai menjalani debut di Liga Jepang. Pelatih Tokyo Verdy beri penilaian soal debut Arhan. (AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Tokyo Verdy Hiroshi Jofuku memberikan catatan untuk Pratama Arhan usai menjalani debut di Liga Jepang.

Pemain berusia 20 tahun itu menjalani debut bersama Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang atau J2 League 2022 pada Rabu (6/7).

Pemain andalan Timnas Indonesia itu tampil sebagai starter dan bermain selama 45 menit dalam pertandingan yang dimenangkan Tokyo Verdy dengan skor 1-0 atas Tochigi di Stadion Kanseki tersebut.

Arhan yang aslinya berposisi bek kiri, coba dimainkan oleh pelatih Tokyo Verdy Hiroshi Jofuku di posisi penyerang sayap. Hiroshi Jofuku pun memberikan sejumlah catatan usai Arhan menjalani debut bersama Tokyo Verdy.

Pertama, Jofuku menilai Arhan yang biasa beroperasi di bek kiri masih kesulitan untuk bermain di posisi penyerang sayap atau winger.

"Dia awalnya adalah pemain bek sayap, begitu juga di tim nasional. Saya akui dengan dia bermain di posisi penyerang sayap sangat menyulitkannya," ucap Jofuku dikutip dari laman J-League.

[Gambas:Video CNN]

"Namun setelah itu, saya pikir dia mulai terlihat bisa menyesuaikan permainan pada 10 menit terakhir babak pertama. Yang penting pertahanan tim tetap aman meskipun dia ada di sana," kata Jofuku menambahkan.

Catatan kedua, Jofuku menyebut Arhan sudah mulai bisa menyatu dengan gaya permainan Tokyo Verdy meski agak telat panas.

"Walau dia tidak mendapatkan awal permainan yang baik, tapi dia bisa menjadi salah satu bagian untuk membantu pertahanan dan saya rasa dia mulai bisa menyatu ke depannya. Setelah 35 menit, dia sudah memberikan respons," kata Jofuku.

Banner live streaming MotoGP 2022

Jofuku mengatakan pertandingan Tokyo Verdy vs Tochigi menjadi kesempatan buat dirinya melihat permainan para pemain baru, termasuk Arhan.

"Terkait pertandingan, saya memberikan tantangan untuk pemain baru. Tentu saja hal paling mencolok adalah di sektor penyerangan yang lebih melebar di sayap. Saya ingin melihat pemain baru di posisi itu, dan bagaimana sektor pertahanan bisa lebih agresif membantu serangan," kata Jofuku.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pendukung yang telah datang. Saya senang mereka semua bahagia. Untuk pertandingannya, saya ingin menantang para pemain baru hari ini," kata Jofuku.

"Dalam hal itu, ada berbagai masalah dalam permainan, tetapi penting untuk menjaga babak pertama tetap tidak kebobolan. Saya hanya mendapat satu poin di babak pertama, tetapi saya seperti mendapat tiga poin karena ada pemain baru yang tampil di babak pertama. Namun butuh waktu untuk membiasakan diri dengan pemain baru," kata Jofuku.



(rhr/jal)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER