7 Fakta Menarik Usai Indonesia Lipat Myanmar

CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 07:20 WIB
Terdapat tujuh fakta menarik usai Indonesia meraih tiket final Piala AFF U-16 2022 dengan mengalahkan Myanmar, Rabu (10/8) malam. Timnas Indonesia U-16 merayakan langkah ke final Piala AFF U-16 2022. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terdapat tujuh fakta menarik usai Indonesia meraih tiket final Piala AFF U-16 2022 dengan mengalahkan Myanmar, Rabu (10/8) malam.

Sebuah torehan berkelas disajikan anak-anak muda asuhan Bima Sakti dalam ajang sepak bola regional Asia Tenggara. Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan menembus final Piala AFF U-16 2022.

Melawan Myanmar bukan perkara mudah. Pertahanan solid yang ditampilkan skuad junior The White Angels itu menyulitkan Garuda Asia mencetak gol.

Bahkan gawang Andrika Fathir Rachman kebobolan lebih dulu di babak pertama sebelum Muhammad Riski Afrisal membalas lewat sebuah tendangan bebas nan indah.

Skor imbang yang bertahan hingga laga peluit panjang berbunyi membuat adu penalti jadi penentu. Lima eksekutor Timnas Indonesia U-16 melaksanakan tugas tanpa cela dan Andrika melakukan sebuah penyelamatan apik yang memastikan tim Merah Putih menang 5-4 pada babak adu jitu tendangan 12 pas.

Keberhasilan ini membuat prestasi Indonesia menanjak dibanding perhelatan sebelumnya yang berlangsung tiga tahun lalu.

Berikut tujuh fakta menarik usai Indonesia menyingkirkan Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022:

1. Timnas Indonesia U-16 membuktikan bisa selalu bangkit dan membalas gol setelah tertinggal. Sebelum melawan Myanmar yang berakhir 1-1 di waktu normal, Indonesia juga mengalami hal yang lebih kurang serupa ketika bertemu Vietnam pada laga terakhir fase grup.

Ketika itu Indonesia tertinggal 0-1 lantaran Vietnam mencetak gol dari titik putih pada babak pertama. Memasuki paruh kedua pertandingan, Timnas U-16 melesakkan dua gol dan memastikan tiga poin sekaligus jaminan puncak klasemen dan tiket ke semifinal.

2. Gol Riski Afrisal memastikan Indonesia selalu mencetak gol dalam empat pertandingan sejak fase. grup. Dari empat pertandingan yang dilakoni, Timnas Indonesia U-16 mencetak 14 gol dan mencatatkan status sebagai kesebelasan tersubur di Piala AFF U-16 2022.

Selain itu Indonesia juga masih merupakan tim yang paling sedikit kebobolan yakni baru dua kali.

Vietnam yang merupakan lawan di partai final ada di peringkat kedua tim terproduktif serta membayangi Indonesia di catatan tim paling sedikit kebobolan. Anak asuh Nguyen Quoc Tuan mencetak 13 gol dan kebobolan tiga kali.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

Tujuh Pencetak Gol hingga Prestasi Bima Sakti yang Menanjak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER