Pelatih Vietnam: Suporter Indonesia Liar di Piala AFF U-16

CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 07:14 WIB
Pelatih timnas Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan mengkritik suporter Indonesia jelang final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo. Suporter Timnas Indonesia U-16 disebut pelatih Vietnam liar. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih timnas Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan mengkritik suporter Indonesia jelang final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/10) malam.

Kritikan Quoc Tuan diungkap dalam konferensi pers jelang laga final, Kamis (11/8). Pelatih Vietnam itu mengaku perilaku suporter Indonesia sedikit berbeda dibanding kawasan ASEAN lainnya.

"Saya pikir budaya suporter di setiap negara berbeda. Di Indonesia, saya pikir dukungan mereka terlalu liar, menyebabkan beberapa orang bertindak sedikit berlebihan," ujar Quoc Tuan.

"Kami tentu harus mempersiapkan mental para pemain setiap saat, terutama di awal setiap babak final," sambung Quoc Tuan dikutip dari situs resmi VFF.

Pernyataan Quoc Tuan berkaca dari insiden pelemparan yang dilakukan sejumlah suporter Indonesia terhadap pemain Vietnam saat laga Grup A, akhir pekan lalu. Quoc Tuan pun berharap pihak PSSI dan panitia Piala AFF U-16 2022 bisa memberi jaminan keamanan terhadap skuad timnas Vietnam U-16.

"Selain faktor profesional, saya juga memiliki beberapa pendapat terkait penyelenggara turnamen U-16 Asia Tenggara 2022. Saya berharap pihak penyelenggara akan memastikan keamanan pemain Vietnam U-16, terutama pada tahap persiapan pertandingan," ujar Quoc Tuan.

Banner Testimoni

"Pada pertemuan sebelumnya, penonton memberikan banyak tekanan pada pemain kami. Semoga panitia akan memastikan keamanan di belakang gawang untuk tim Vietnam U-16," ucap Quoc Tuan.

Pihak PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan juga sudah memberi peringatan kepada suporter Indonesia untuk tidak mengulangi tindakan tidak terpuji di laga Indonesia vs Vietnam pada final Piala AFF U-16 2022.

Sementata pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, berharap suporter Indonesia bisa memberi dukungan terhadap Garuda Asia secara tertib.

"Dukung kami secara sportif dan fair. Kita harus sukses sebagai tuan rumah dan respek dengan semua lawan," ujar Bima Sakti.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER