Ramla Ali, Wanita Muslim Pertama Duel Tinju di Arab Saudi

CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 16:42 WIB
Ramla Ali akan menciptakan sejarah sebagai wanita muslim pertama yang akan menjalani duel tinju di Arab Saudi saat melawan Crystal Garcia Nova. Ramli Ali akan bertarung di Arab Saudi. (Action Images via Reuters/ANDREW COULDRIDGE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ramla Ali akan menciptakan sejarah sebagai wanita muslim pertama yang akan menjalani duel tinju di Arab Saudi saat melawan Crystal Garcia Nova dalam duel tambahan Oleksandr Usyk vs Anthony Joshua 2 di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (20/8).

Ali merupakan petinju wanita 32 tahun asal Somalia. Wanita berpaspor Inggris itu menjadi petinju pertama sekaligus wanita pertama asal Somalia yang bertarung di Olimpiade.

Akhir pekan ini Ali akan kembali mencetak sejarah. Pasalnya duel Ali vs Crystal Garcia Nova merupakan kali pertama pertarungan tinju profesional wanita digelar di Arab Saudi.

Selain itu Ali juga menjadi wanita muslim pertama yang akan bertarung tinju profesional di Arab Saudi.

"Arab Saudi adalah tanah suci saya, jadi ini adalah kehormatan luar biasa bagi saya sebagai seorang wanita muslim. Tetapi saya telah menghadapi kritikan karena bertarung di sana, dan bagian tersulit tentang itu adalah mencoba mengedukasi orang," ucap Ali dikutip dari Newsweek.

Duel Ali vs Nova merupakan partai tambahan pertarungan Oleksandr Usyk vs Anthony Joshua. Ali berharap akan menjalani duel utama di Arab Saudi.

[Gambas:Instagram]

"Petinju wanita tampil sebagai pertarungan utama di Arab Saudi selalu menjadi tujuan saya, tetapi saya merasa bahwa tanpa dukungan lebih banyak penggemar wanita, kesempatan itu tidak akan ada," ujar Ali.

"Tinju masih merupakan bisnis dan mereka yang menginvestasikan uangnya ke dalam pertunjukan perlu melihat hasilnya. Hanya ketika ada permintaan untuk pertarungan utama wanita, itu akan terjadi," sambung Ali.

Penampilan Ramla Ali di Arab Saudi menginspirasi sejumlah wanita di negara tersebut. Sebelum duel melawan Nova, Ali sempat memberi coaching clinic lebih dari 30 petinju wanita Arab Saudi.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER