Ingat Timnas Indonesia, Curacao Itu Tim Kelas Dunia

CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 08:51 WIB
Timnas Indonesia harus benar-benar kerja keras untuk bisa mengalahkan Curacao di FIFA Matchday. Meski jarang terdengar, timnas Curacao adalah tim kelas dunia. Timnas Curacao punya tim yang kuat untuk melawan Indonesia. (AFP/DON MACKINNON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia harus benar-benar kerja keras untuk bisa mengalahkan Curacao di FIFA Matchday, 24 dan 27 September. Meski jarang terdengar, timnas Curacao adalah tim kelas dunia.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong bersiap menjalani pertandingan pertama melawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9). Ini adalah pertemuan pertama kedua tim.

Nama timnas Curacao terdengar asing bagi penggemar sepak bola di Indonesia. Namun jangan salah, tim asuhan Remko Bicentini itu memiliki kualitas tim dunia.

Secara peringkat FIFA, Curacao saat ini berada di posisi 84 dunia dalam ranking FIFA per 25 Agustus 2022. Negara Kepulauan Karibia itu mengoleksi poin 1293,35. Posisi Curacao masih lebih baik daripada sejumlah negara di Asia yang sering merepotkan Indonesia, seperti Bahrain, Yordania, hingga Suriah.

Perbedaan posisi Timnas Indonesia dengan Curacao sangat jauh. Skuad Garuda saat ini berada di posisi 155 ranking FIFA dengan 1019.19 poin, atau terpaut 71 posisi dari Curacao.

Sepanjang 2022, Curacao hanya mampu meraih satu kemenangan dan menelan tiga kekalahan. Tapi tiga kekalahan itu terjadi di tangan Ajax Amsterdam, Honduras tim yang beberapa kali masuk Piala Dunia, dan timnas Kanada yang lolos ke Piala Dunia 2022. Satu-satunya kemenangan diraih Curacao juga saat melawan Honduras.

Banner live streaming MotoGP 2022

Sebagai tim yang berasal dari CONCACAF, timnas Curacao sering menghadapi tim-tim besar langganan Piala Dunia seperti timnas Meksiko dan timnas Amerika Serikat. Bahkan pada Piala Emas 2019, Curacao sukses melangkah hingga ke perempat final sebelum kalah tipis 0-1 dari Amerika Serikat.

Curacao bahkan pernah dilatih pelatih kelas dunia, Guus Hiddink, dan juga Patrick Kluivert.

Komposisi pemain timnas Curacao yang dibawa ke Indonesia juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari 23 nama pemain timnas Curacao, Remko Bicentini, ke Indonesia ada lima pemain yang merupakan jebolan Premier League: Juninho Bacuna, Leandro Bacuna, Cuco Martina, Vurnon Anita, dan Kenji Gorre.

Sebagian besar pemain timnas Curacao saat ini bermain di Liga Belanda. Ada juga yang bermain di Liga Inggris, Portugal, dan Rumania.

Semua fakta di atas menunjukkan timnas Curacao merupakan tim kelas dunia yang tidak bisa diremehkan Indonesia. Tidak salah jika Curacao saat ini menduduki peringkat 84 dunia.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER