Curacao Banyak Pemain Eropa, Timnas Indonesia Anti-Minder

CNN Indonesia
Sabtu, 24 Sep 2022 00:38 WIB
Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto percaya diri ia dan rekan-rekannya bisa membendung Curacao yang diperkuat pemain-pemain dari klub Eropa. Fachruddin Wahyudi Aryanto siap berduel dengan pemain-pemain Curacao. (AP/Suhaimi Abdullah)
Bandung, CNN Indonesia --

Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto percaya diri ia dan rekan-rekannya bisa membendung Curacao dalam pertandingan uji coba di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9).

Fachruddin merupakan pemain paling senior di Timnas Indonesia dengan jam terbang paling tinggi. Bek 33 tahun ini sudah membela Garuda sejak 2012 dan berpasangan dengan banyak bek-bek tengah Indonesia.

Kini Fachruddin bakal berduet dengan pemain-pemain muda, seperti Elkan Baggott, Rizki Ridho, dan Muhammad Ferarri. Ketiga bek tersebut sama-sama di bawah 20 tahun atau masih bocah saat Fachruddin debut pada 2012.

Kendati bakal berpasangan dengan bek-bek muda, Fachruddin tak risau. Ia menilai pemain muda yang dipanggil punya kualitas mumpuni dan punya kecakapan mencerna keinginan pelatih, yakni Shin Tae Yong dalam pertandingan.

"Kita tahu bahwa Curacao adalah tim yang baik, banyak pemain yang bermain di Eropa. Sebagai bek kita kerja secara tim. Baik apa yang sudah disiapkan pelatih dalam latihan kemarin jadi kita harus fokus, biar bisa antisipasi kekuatan mereka," katanya.

Soal kekuatan lawan, Fakhruddin mengaku tak tahu banyak. Namun tim pelatih telah mempelajari lawan dengan saksama. Pengetahun ini yang lantas ditransfer ke pemain untuk dijadikan pedoman dalam mengantisipasi lawan.

Banner live streaming MotoGP 2022

"Kami kurang tau [kekuatan Curacao], tapi pelatih sudah analisis bahwa kita harus main bagaimana saat bertahan dan menyerang. Semoga besok rencana pelatih berjalan," ucap Fachruddin saat jumpa pers, Jumat (23/9).

Mengenai keberadaan pemain muda, Fachruddin juga senantiasa berbagi pengalaman dan menimba masukan. Sebagai senior ia memberi masukan sekaligus menyerap energi dan pengetahuan baru dari para pemain muda.

"Kami sering bercanda. Waktu latihan sering ngobrol. Apalagi Ferarri dengan saya sama-sama pemain belakang. Jadi kami sering ngobrol masalah posisi, saat makan juga sering ngobrol. Jadi biar jarak pemain muda dan senior enggak ada," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(abs/sry)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER