Jokowi: FIFA Siap Bantu Perbaiki Sepak Bola Indonesia

CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 15:12 WIB
Presiden Jokowi mengatakan Presiden FIFA Gianni Infantino siap membantu memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia menyusul insiden Tragedi Kanjuruhan. Presiden Jokowi usai mengunjungi korban Tragedi Kanjuruhan yang dirawat. (CNN Indonesia/Patricia Diah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Presiden FIFA Gianni Infantino siap membantu memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia menyusul insiden Tragedi Kanjuruhan.

Hal itu diungkapkan Jokowi usai menjenguk sejumlah korban Tragedi Kanjuruhan yang masih dirawat di RSUD Dr Saiful Anwar, Kota Malang, Rabu (5/10).

"Senin malam saya sudah menelepon Presiden FIFA, Gianni Infantino. Beliau menyampaikan, kalau diperlukan, FIFA bisa membantu memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia, beliau menyampaikan kesanggupannya," ujar Jokowi.

Sebelumnya di sela Upacara HUT TNI di Istana Negara pada Rabu pagi, Jokowi mengatakan dirinya berbincang panjang dengan Infantino. Jokowi pun menyerahkan semua keputusan kepada FIFA, termasuk kemungkinan adanya sanksi.

"Saya telah menelepon dan berbicara langsung dengan Presiden FIFA, Presiden Gianni Infantino, berbicara banyak mengenai tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang dan juga berbicara mengenai FIFA under twenty [Piala Dunia U-20 2023]," ucap Jokowi.

"Kami berbicara banyak, tetapi keputusan [sanksi] apapun adalah kewenangan di FIFA," sambung Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

Total ada 131 korban meninggal dunia akibat Tragedi Kanjuruhan. Jokowi tidak ingin tragedi serupa kembali terjadi di Indonesia. Itu sebabnya Jokowi memerintahkan Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono melakukan audit total stadion yang digunakan di Liga 1 hingga Liga 3.

"Saya akan memerintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik Liga 1, 2, maupun 3 semuanya. Apakah gerbangnya sesuai standar, cukup lebar. Apakah gerbangnya ukuran sesuai standar manajemen lapangan yang memegang kendali siapa, semuanya," ucap Jokowi

"Dari peristiwa ini kita harus perbaiki semuanya, manajemen pertandingan, manajemen lapangan, manajemen pengelolaan stadion, semua harus kita audit total. Saya tidak ingin peristiwa ini terjadi lagi di negara kita," ujar Jokowi.

(dis/har)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER