Viral Pembalap Moto3 Ditendang Kru, Pihak MotoGP Beri Respons

CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 18:53 WIB
Video pembalap Tom Booth-Amos ditendang anggota tim usai menjalani balapan Moto3 Thailand 2019 viral di media sosial. Ilustrasi balapan Moto3. (AFP/VLADIMIR SIMICEK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Video pembalap Tom Booth-Amos ditendang anggota tim usai menjalani balapan Moto3 Thailand 2019 viral di media sosial. Pihak MotoGP memastikan orang yang menendang Amos akan dipecat.

Insiden Amos ditendang anggota kru tim CIP Green Power viral di media sosial dalam dua hari terakhir. Dalam video itu terlihat Amos dua kali ditendang dan dipukul anggota kru di paddock tim usai gagal finis di Moto3 Thailand 2019.

Dikutip dari Autosport, anggota kru yang menganiaya Amos diyakini sebagai Maurizio Cambarau, kepala mekanik John McPhee di Max Racing Team di Moto3 2022.

Insiden itu tidak terungkap selama tiga tahun karena Amos mengaku disuruh tutup mulut. Namun sekarang video insiden viral dan Amos mengatakan terpaksa tutup mulut demi menjaga impian tetap membalap.

Pihak MotoGP lewat pernyataan resmi FIM, bersama IRTA dan Dorna Sports, mengutuk keras insiden tersebut. Pihak MotoGP memastikan pria yang menendang Amos akan segera dipecat tim tempatnya bekerja di Moto3 2022.

"FIM, IRTA dan Dorna Sports mengutuk keras perilaku ini. Selanjutnya orang tersebut diketahui terus bekerja di paddock dan sekarang dipekerjakan tim berbeda, yang tidak mengetahui kejadian ini," demikian pernyataan resmi MotoGP.

"Tim itu memutuskan untuk memberhentikan anggota staf ini, dan dia tidak akan kembali bekerja untuk mereka setelah Grand Prix Malaysia. FIM, bersama IRTA dan Dorna Sports, menganggap ini keputusan yang tepat dan sepenuhnya mendukung tindakan yang diambil oleh tim dalam memutus kontrak orang ini," sambung pihak MotoGP.

Setelah musim 2019, Amos memutuskan untuk hengkang dari ajang Grand Prix dan tampil di ajang Superbike pada kelas Supersport 300 selama 2020 dan 2021.

Pihak CIP Green Power sendiri sudah mengungkapkan permintaan maaf kepada Amos.

Live streaming MotoGP Australia 2022, 16 Oktober, bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com dan siaran langsung di Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER