Jerman Buka-bukaan Cara Agar Tak Keok Lawan Spanyol

CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 02:10 WIB
Kekalahan dari Jepang membuat Jerman harus menang saat menghadapi Spanyol pada laga kedua fase grup Piala Dunia 2022. Hansi Flick memberi wejangan kepada Leroy Sane. (REUTERS/ANNEGRET HILSE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kekalahan dari Jepang membuat Jerman harus menang saat menghadapi Spanyol pada laga kedua fase grup Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Senin (28/11) dini hari waktu Indonesia.

Duel akbar Spanyol vs Jerman bakal menjadi partai hidup mati bagi Die Mannschaft. Jika kembali kalah, Jerman akan tersisih dan mengulang cerita empat tahun lalu saat Piala Dunia di Rusia. Selain itu Jerman juga tampil buruk sehingga tersisih di babak 16 besar Piala Eropa 2020.

"Dua turnamen terakhir jelek. Kami ingin menghindari pengulangan itu. Fokus pada konsentrasi. Ini adalah laga final bagi kami di Piala Dunia dan semuanya adalah tentang menghindari mengulang itu [tersisih di babak awal]," kata Flick.

Mantan pelatih Bayern Munchen itu menginginkan seluruh anak asuhnya tetap berada di markas tim Jerman guna bersiap menghadapi Spanyol.

"Bagi saya fokusnya adalah sepak bola. Saya yakin dengan bagaimana cara kami bermain. Jika kami tidak 100 persen lantas kami akan memberi ruang kepada lawan. Kami melakukannya saat melawan Jepang."

"Kekalahan dan cara itu terjadi sangat pahit karena itu seharusnya bisa dihindari. Tetapi kami akan kembali melakukan apa yang kami percaya karena kualitas tim dan itu bisa mewujudkan apa yang kami inginkan. Kami memiliki keberanian dan kepercayaan diri menjalani pertandingan," papar Flick dikutip dari Reuters.

Ketika ditanya mengenai Jerman yang tidak lagi memiliki reputasi seperti masa lalu karena terancam angkat koper lebih dulu pada Piala Dunia kali ini, seperti empat tahun lalu, Flick mencoba tenang.

"Kita akan tahu jawabannya pada Minggu. Mungkin kami memiliki jawaban lain atas pertanyaan itu, jawaban yang benar," ucapnya.

Usai kalah dari Jepang, Jerman wajib menang pada dua laga selanjutnya demi memastikan tiket ke babak berikutnya. Sementara hasil imbang melawan Spanyol bisa saja merugikan mereka dan kekalahan akan berarti tiket pulang bagi Manuel Neuer dan kawan-kawan.

[Gambas:Video CNN]

(nva/ptr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER