Rusia Serius Gabung AFC, Lawan Berat Timnas Indonesia Bertambah

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 20:19 WIB
RFU menyatakan serius meninggalkan UEFA untuk bergabung dengan AFC dalam waktu dekat usai tidak terima dicoret FIFA dari Piala Dunia 2022. Rusia serius gabung AFC karena kecewa pada dihukum FIFA. (AFP PHOTO / Kirill KUDRYAVTSEV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU) serius untuk bergabung dengan AFC usai tidak terima karena merasa diperlakukan tidak adil oleh FIFA dan UEFA sehingga batal tampil di playoff Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 adalah kali pertama Rusia absen dari pesta sepak bola empat tahunan sejak 2014.

Hal itu dikarenakan pada Maret 2022 lalu Rusia mendapat sanksi dari FIFA dan UEFA yang membuat mereka tidak bisa tampil di playoff Piala Dunia 2022. Hukuman itu dikeluarkan setelah Rusia meluncurkan operasi militer khusus di Ukraina.

Karena tidak terima dengan hukuman FIFA tersebut, RFU pun mengancam siap meninggalkan UEFA untuk bergabung dengan AFC dalam waktu dekat.

"Beberapa bulan yang lalu, saya mengatakan bahwa gagasan untuk bergabung dengan sepak bola Asia agak terlalu dini. Tapi sekarang ini adalah kesempatan yang harus kita pertimbangkan," ucap Presiden RFU Aleksandr Dyukov kepada Kantor Berita RIA dikutip dari This Day.

"Saya belum berbicara dengan AFC karena UEFA masih menganggap kami bagian dari Eropa.Tidak sopan terlibat dalam negosiasi di belakang mereka.Tapi itu kemungkinan yang sedang kita lihat," ucap Dyukov.

[Gambas:Video CNN]

Ini adalah kali pertama pria yang juga menjabat sebagai Presiden Klub Zenit Saint Petersburg itu menyatakan keseriusan RFU ingin gabung AFC.

Pada Maret 2022 lalu media Rusia hanya mengabarkan bahwa pengurus RFU mempertimbangkan untuk bergabung dengan AFC untuk kebaikan masa depan sepak bola mereka.

Jika bergabung dengan AFC, maka Rusia akan menjadi lawan berat Timnas Indonesia di kawasan Asia.

(rhr/har)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER