Pemanggilan Shayne Pattynama ke Timnas Tergantung Lobi PSSI

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 15:33 WIB
Shayne Pattynama mengatakan diplomasi PSSI ke Viking FK akan berperan penting untuk pemanggilan di luar agenda FIFA. Shayne Pattynama kini sudah resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shayne Pattynama mengatakan diplomasi PSSI ke Viking FK akan menentukan apakah dirinya akan dilepas ke Timnas Indonesia atau tidak saat laga di luar agenda resmi FIFA.

Yang dimaksud Shayne adalah panggilan di luar agenda FIFA. Namun untuk panggilan di kalender internasional resmi niscaya akan dilepas klub asal Norwegia tersebut.

"Tentu saja [klub akan melepasku di FIFA Matchday], tetapi saya tidak tahu untuk periode [pemanggilan] lainnya. Saya tidak bisa bicara sekarang soal panggilan Timnas," kata Shayne.

Salah satu agenda Timnas Indonesia di luar kalender FIFA adalah Piala AFF. Ajang ini biasanya berlangsung pada November hingga Desember setiap tahun ganjil.

Piala Asia 2023 Qatar pun berpotensi berlangsung bukan di tengah jeda kompetisi Eropa yang biasanya ada di pertengahan tahun. Hingga kini AFC belum merilis tanggal pasti, namun kemungkinan berlangsung pada akhir tahun, antara November-Desember.

"Pastinya saya akan berbicara dengan mereka [Viking FK] untuk membahas panggilan Timnas di luar agenda FIFA. Saya pikir harus ada komunikasi yang baik [PSSI dan klub]," ujar Shayne.

"Kalau panggilan datang dalam agenda FIFA Matchday saya akan melakukan yang terbaik, berbicara dengan klub agar mereka melepasku. Hanya ini yang bisa saya sampaikan sekarang," katanya.

Kalender kompetisi Liga Norwegia (Eliteserien) juga tak sama dengan agenda kompetisi Eropa pada umumnya. Kompetisi biasanya berlangsung pada April dan berakhir pada November.

Namun di luar kalender kompetisi ada sejumlah kegiatan yang akan dijalani klub, seperti kejuaraan The Atlantic Cup dan Norwegian Cup. Kejuaraan ini biasa berlangsung di kalender internasional.

Saat FIFA Matchday periode Maret 2023 pada 20-28 misalnya, Viking akan menghadapi Kristiansund pada 24 Maret. Karenanya PSSI harus melakukan diplomasi agar Shayne dilepas saat dipanggil Timnas.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/ptr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER