Pilihan MPV dan SUV Ground Clearence Tinggi Hadapi Banjir

CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 12:10 WIB
Ada sejumlah model mobil dengan ground clearance tinggi untuk menerobos banjir. Pilihan mobil-mobil untuk menerobos banjir. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil-mobil dengan ground clearance tinggi umumnya untuk memudahkan pengguna melintasi berbagai kontur jalan, mulai dari lumpur, bebatuan, bergelombang hingga jalan rusak. Dengan begitu pengendara lebih percaya diri saat menghadapi kondisi tersebut.

Apalagi saat musim hujan dan banjir yang beberapa hari ini terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Ada sejumlah model mobil dengan ground clearance tinggi mulai dari MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), hingga jip. Berikut daftar mobil-mobil tersebut.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander termasuk mobil yang bisa melibas berbagai kontur jalan karena ground clearance Xpander setinggi220 mm, sementara tipe Xpander Cross, ground clearance mencapai 225 mm. MPV ini ditopang mesin 1.500 cc yang dikencani transmisi CVT.

Toyota Rush

Toyota Rush dan kembarannya, Daihatsu Terios salah SUV favorit keluarga di Indonesia. Rush punya ground clearance atau jarak antara garis bodi bawah dengan permukaan aspal setinggi 220 mm. Jantung penggerak mobil ini menggunakan mesin DOHC 1.500 cc transmisi otomatis.

Suzuki XL7

Ada juga dari Suzuki XL7. Mobil keluarga dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1,710 mm punya ground clearance hingga 200 mm. Untuk dapur pacunya menyuguhkan mesin K15B DOHC 1.462 cc.

Toyota Fortuner

SUV Fortuner salah satu mobil keluarga dengan casis ladder frame favorit di Indonesia. Dengan profil jangkung setinggi 225 mm untuk garis bodi bawah dengan permukaan aspal, SUV medium ini bisa digunakan untuk berbagai kontur jalan.

Mitsubishi Pajero Sport

Rival Toyota Fortuner menawarkan spesifikasi tak kalah menarik untuk menerobos genangan air. SUV ini punya dimensi panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.805 mm dan ground clearance 218 mm.

Nissan X-Trail dan Terra

Kemudian SUV buatan Nissan ini juga memiliki dimensi yang cukup besar yaitu panjang 4690 mm, lebar 1830 mm, tinggi 1750 mm, dengan ground clearance setinggi 215 mm. Pilihan lain dari Nissan yaitu SUV Terra berdimensi panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.835 mm dan ground clearance 225 mm.

Nissan Terra masuk di kelas SUV medium yang disesaki Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Jeep Wrangler Rubicon

Terakhir yaitu model jip dari negeri paman sam Amerika Serikat. Model satu ini sudah terbukti di berbagai medan. Mobil ini dikenal tangguh untuk menghadapi jalan rusak hingga genangan air.

Jeep Wrangler Rubicon berdimensi panjang sekitar 4.237 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1868 mm serta ground clearance hingga 274 mm.

Untuk diingat, spesifikasi mobil yang tinggi tidak bisa menjadi patokan pengendara seenaknya menerjang genangan air. Pengemudi harus paham batas aman ketinggian air jika hendak melaluinya.

Sony Susmana, penggiat keselamatan dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan setiap mobil boleh saja melalui genangan air, namun dengan batas ketinggian tertentu.

"Batas ketinggian air yang disebut aman hanya 30 sentimeter (cm) atau sekitar setengah roda. Kalau lebih dari itu dianjurkan putar balik dan pilih jalur lain," ucap Sony.

Menurut Sony, batas ketinggian air tersebut harus memperhitungkan komponen inti kendaraan yang rentan rusak karena air contohnya Electronic Control Unit (ECU). Selain itu juga harus mempertimbangkan air in take yang kemungkinan menjadi jalur masuk air ke mesin yang bisa menyebabkan penyebab water hammer.

Perlu diketahui air intake setiap mobil berbeda-beda sehingga batas 30 cm menjadi yang paling aman.

[Gambas:Video CNN]



(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER