Kamera ETLE Makin Canggih, Bisa Deteksi Pengendara Tak Punya SIM

fea | CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 19:36 WIB
Polda Metro Jaya mengungkap kini ada pengembangan kamera ETLE dengan face recognition yang terintegrasi data warga di Dukcapil. Polda Metro Jaya mengungkap kini ada pengembangan kamera ETLE dengan face recognition yang terintegrasi data warga di Dukcapil. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya mengatakan teknologi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan berkembang hingga bisa mendeteksi pengendara yang tak punya Surat Izin Mengemudi (SIM).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjelaskan pendeteksian itu didasari fitur face recognition.

"Jadi nanti akan berkembang dengan 'face recognition', jadi menangkap wajah, namanya siapa alamatnya dimana, punya SIM atau tidak, nanti bisa terdeteksi," kata Latif, diberitakan Antara, Senin (28/11).

Latif bilang pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sebagai pemegang data administrasi warga untuk penerapan ETLE pengenal wajah itu.

Sejauh ini belum bisa dipastikan kapan teknologi ini bisa diterapkan pada sistem ETLE yang sekarang jadi andalan kepolisian saat dilarang melakukan tilang manual.

Polda Metro Jaya saat ini punya 57 titik kamera ETLE statis yang dipasang di lokasi-lokasi strategis untuk menangkap barang bukti berupa foto atau video pelanggaran lalu lintas. Selain jenis statis Polda Metro Jaya juga memiliki 10 ETLE mobile di kendaraan patroli.

Pada tahun depan rencananya akan ada tambahan ETLE statis baru sebanyak 70 kamera.

Jenis Kamera ETLE Andalan Polisi Saat Dilarang Tilang ManualJenis Kamera ETLE Andalan Polisi Saat Dilarang Tilang Manual. (CNNIndonesia/ Agder Maulana)
(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER