Mengenal Arti Jok Ottoman di Baris Kedua Innova Zenix

CNN Indonesia
Rabu, 30 Nov 2022 14:35 WIB
Jok ottoman terlihat mirip captain seat, tetapi punya kelebihan-kelebihan lainnya. Jok ottoman terlihat mirip captain seat, tetapi punya kelebihan-kelebihan lainnya. (Toyota Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada yang menarik pada baris kedua Toyota Kijang Innova Zenix, yakni penggunaan jok ottoman. Jok ini umumnya ditemukan di kendaraan premium maupun mobil berkabin lega lainnya.

Jok itu terlihat seperti captain seat yang dirancang sebagai jok individu, lengkap dengan sandaran tangan. Kemudian pelapisnya kulit untuk memberi sentuhan kemewahan.

Walau begitu jok ottoman beda dari captain seat. Jok ottoman punya fitur captain seat tetapi ditambah fitur lain yakni sandaran betis, yang dapat diatur ketinggiannya menyesuaikan kenyamanan penumpang.

Sandaran itu dapat mengurangi rasa efek pegal setelah perjalanan jauh hingga menjaga kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, pada beberapa model jok ottoman juga tersedia fitur pijat elektrik. Fitur pijat ini bahkan memiliki pilihan mode kecepatan dan area, layaknya kursi pijat di rumah.

Jok ottoman menawarkan level kemewahan dan eksklusifitas lebih maksimal ketimbang captain seat.

Sejarah

Jok ottoman memiliki sejarah cukup menarik. Desainnya dikatakan terinspirasi dari sofa atau kursi yang memiliki sandaran kaki.

Sedangkan nama Ottoman sendiri berasal dari sejarah Turki, yaitu Kekaisaran Ottoman pada 1700-an. Pada saat itu, masyarakatnya memiliki tempat duduk dengan banyak bantal yang ditumpuk ke atas dan membentang di seluruh dinding sebagai tempat bersantai.

Seiring waktu, orang Turki pada saat itu menciptakan versi yang lebih kecil sehingga bisa ditempatkan di sudut ruangan. Sejak saat itu, hadirlah jenis sofa atau kursi ottoman.

Jenis ini pun diadaptasi ke jok mobil masa kini untuk menambah tampilan premium.

Toyota Kijang Innova Zenix meluncur di Indonesia, Senin (21/11/2022).Toyota Kijang Innova Zenix. (Toyota Astra Motor)
(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER