Toyota Indonesia Ekspor Innova Zenix ke 50 Negara, Termasuk Afrika

CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 13:00 WIB
Toyota bakal mengekspor Innova Zenix ke Afrika dengan total tujuan global 50 negara. Toyota bakal mengekspor Innova Zenix ke Afrika dengan total tujuan global 50 negara. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bandung, CNN Indonesia --

Toyota Kijang Innova Zenix produksi lokal bakal diekspor ke 50 negara. Mobil yang dibekali varian berteknologi hybrid ini dikatakan bakal membuka pasar ekspor baru yaitu Afrika.

"(Diekspor ke) 50 negara dan daerah barunya itu Afrika," kata Bob Azam, Director Corporate and External Affairs Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di ITB, Bandung, Kamis (1/12).

Kendati demikian, Bob tak menjelaskan secara rinci mana saja negara tujuan ekspor Innova Zenix, mobil hybrid pertama Toyota yang diproduksi di Indonesia.

Sementara itu Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono menambahkan ekspor Innova Zenix akan dimulai tahun depan. Warih memastikan kedua varian, bensin dan hybrid, akan diekspor.

"Kita sekarang 50 persen (produksi akan diekspor). Nanti kita lihat lah demand-nya," jelas Warih.

Selain mengandalkan pasar domestik, volume produksi Innova Zenix di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat juga telah direncanakan ditopang pasar ekspor seperti model generasi keenam yang jadi andalan pengapalan ke berbagai negara termasuk Asia dan Timur Tengah.

Pada sisi lain, Bob mengatakan ekspor Toyota Indonesia pada tahun ini telah mengalami peningkatan sampai 40 persen. Ekspor masih didominasi model-model seperti Avanza, Fortuner, dan Innova.

"Ya naik juga, karena ekspor kita naik hampir 40 persen," paparnya.

Bob menjelaskan kenaikan ekspor tersebut tak lepas dari pemulihan ekonomi di berbagai negara.

"Terutama ekspor sudah pulih dengan baik, kita berharap waktu jadi elektrifikasi posisi kita sebagai eksportir juga 60 persen naiknya," jelas dia.

Produksi Innova Zenix menelan investasi Rp4,2 triliun dan sudah menyerap 1.000 tenaga kerja baru. TMMIN mengatakan mobil ini dibidani 120 insinyur lokal yang dibekali beragam keahlian.

Ada lebih dari 100 rantai pasok lapis pertama yang terlibat dalam produksi ini, itu belum termasuk pemasok lokal lapis kedua dan ketiga.

Selain memproduksi unit, TMMIN juga memproduksi lokal baterai yang digunakan Innova Zenix bersama delapan pemasok lokal.

[Gambas:Video CNN]



(dmr/fea)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER