Pemerintah Respons Klub Moge Minta Buka Akses Jalan Tol

CNN Indonesia
Kamis, 12 Jan 2023 13:32 WIB
Klub motor besar minta moge diizinkan melintasi jalan tol, menurut pemerintah belum ada urgensinya. Ilustrasi. Klub motor besar minta moge diizinkan melintasi jalan tol, menurut pemerintah belum ada urgensinya.(Antara)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah buka suara soal komunitas sepeda motor gede atau moge yang meminta mereka bisa melintasi jalan tol. Menurut Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit belum ada urgensi mengabulkan permintaan tersebut.

"Untuk saat ini bagi kami belum ada urgensinya," kata Danang saat dihubungi, Selasa (10/1).

Menurut Danang saat ini pemerintah sedang ingin mencapai zero fatalities atau nol fatalitas di ruas jalan tol. Keberadaan moge yang bersifat umum menurutnya justru bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

"Apalagi kami ingin mencapai zero fatalities di jalan tol. Keberadaan moge yang bersifat pemakaian umum atau bukan patwal, meningkatkan risiko kecelakaan," ujarnya.

Permintaan moge melintas masuk tol sebelumnya sempat dilontarkan Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI) Irianto Ibrahim. Pria yang akrab disapa Rian ini mengaku sudah 10 tahun menyampaikan aspirasi ini, namun selalu ditolak.

Bahkan, ia sudah sempat bersurat ke Presiden RI Joko Widodo tetapi belum mendapat respons.

"Kita pernah kirim surat terbuka ke Pak Jokowi, tapi kan tidak semudah itu, karena beliau juga sibuk," ungkap Rian.

Rian juga mengatakan permintaan melintasi jalan tol hanya di waktu-waktu tertentu. Artinya tidak setiap hari mereka meminta moge mendapat keistimewaan itu.

Menurut dia usulan agar moge dapat melintasi jalan tol hanya saat mereka melakukan touring pada akhir pekan.

Ia berdalih moge masuk tol saat touring juga untuk menghindari keluhan masyarakat atau pengguna jalan umum lainnya yang terkadang merasa terganggu.

Menurut dia touring-touring moge biasanya mendapat cibiran dari masyarakat karena mengganggu aktivitas di jalanan.

Selain itu menurut Rian dibukanya akses tol bagi moge dapat memberi keuntungan ke negara melalui devisa dari para pelancong yang doyan touring menggunakan moge.

Ia bercerita selama ini banyak rekannya dari negara lain tertarik touring sambil menikmati alam Indonesia namun mengurungkan niat karena moge dilarang masuk tol.

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER