Permintaan Moge Masuk Tol Demi Hindari Macet Bekasi

CNN Indonesia
Senin, 16 Jan 2023 08:13 WIB
Motor Besar Club Indonesia menjelaskan permintaan moge melintasi jalan tol untuk menghindari lokasi macet, salah satunya di Bekasi. Motor Besar Club Indonesia menjelaskan permintaan moge melintasi jalan tol untuk menghindari lokasi macet, salah satunya di Bekasi. (iStockphoto/edb3_16)
Jakarta, CNN Indonesia --

Irianto Ibrahim, Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI), menyatakan macet di wilayah Bekasi menjadi salah satu alasan di balik permintaan mereka ke pemerintah membuka akses jalan tol bagi moge.

"Ya kami ingin menghindari beberapa spot yang crowded salah satunya Bekasi," kata Irianto dikutip dalam sebuah akun media sosial Tiktok, Senin (16/1).

"Kami keluar Karawang-Cikampek sudah cukup. Ya tidak harus dari ujung ke ujung tol karena naik motor besar di tol sangat tidak nyaman," sambung dia.

Ia juga punya alasan lain mengapa pengguna moge ingin diizinkan melintasi tol, yakni enggan berpolemik dengan masyarakat. Irianto beranggapan ruas jalan tol masih mampu mengakomodir moge.

"Jadi kami hanya ingin menghindari macet tertentu saja di tol agar masyarakat tidak terganggu. Masih termuatkan kok," kata dia.

Dia menekankan permintaan moge masuk tol bukan karena rasa ingin diprioritaskan secara lebih dari pengguna jalan lain.

"Tidak, bukan ingin diprioritaskan," ucap Irianto.

Irianto sebelumnya meminta pemerintah mempertimbangkan usulannya melegalkan moge menggunakan jalan tol.

Pertimbangan ini karena pengguna moge dinilai telah melakukan banyak hal baik seperti memberikan pemasukan ke negara melalui pajak dan melakukan sejumlah aksi sosial.

"Kami bayar pajak jauh lebih mahal. Dan kami ini peduli sama masyarakat luas seperti membuat bakti sosial kalau ada saudara kita yang terkena musibah atau bencana. Makanya pemerintah harus pertimbangkan," kata Irianto saat dihubungi, Selasa (10/1).

Ia juga mengaku tidak akan bosan memberikan usulan tersebut ke pemerintah meski sudah bertahun-tahun tak dikabulkan.

Keinginan tersebut diakui Irianto telah diusulkan lebih dari 10 tahun. Selama itu juga pemerintah belum mengabulkan cita-cita pengguna moge tersebut sampai sekarang.

"Saya akan perjuangkan terus (agar motor bisa masuk tol)," kata Irianto.

Motor dilarang melintasi jalan tol merupakan implementasi Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005. Jalan tol memang hanya diperuntukkan bagi kendaraan beroda empat atau lebih, kecuali di fasilitas yang memadai.

Aturan tersebut telah mengalami revisi lewat PP Nomor 44 Tahun 2009 yang menambahkan satu ayat pada Pasal 38. Dalam aturan yang direvisi itu, motor dapat melintas di jalan tol tapi dengan syarat.

Syarat ini yakni jalan tol sudah dilengkapi jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Sejauh ini hanya ada satu jalan tol demikian, yaitu Jalan Tol Bali Andara. Pemerintah juga akan membangun jalan tol khusus motor di Penajam Paser.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER