Nyaris 90 Ribu Unit Terjual 2022, Apa Mobil Terlaris Suzuki di RI?

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 15:00 WIB
Lebih dari setengah penjualan mobil Suzuki pada 2022 adalah pikap Carry, mobil terlaris lainna yaitu XL7 dan Ertiga. Lebih dari setengah penjualan mobil Suzuki pada 2022 adalah pikap Carry, mobil terlaris lainna yaitu XL7 dan Ertiga. (AFP/KAZUHIRO NOGI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan capaian penjualan mobil baru mencapai 89.067 unit selama 2022. Dari catatan tersebut, Carry, Ertiga dan XL7 mendominasi sebagai mobil Suzuki yang paling diminati konsumen.

"Dengan pencapaian penjualan ini kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki yang mempercayakan mobil Suzuki untuk memenuhi kebutuhannya," kata Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales SIS dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (25/1).

Menurut Randy akhir tahun kemarin menjadi momentum penting bagi Carry, sebab pikap ini dapat menjaga performa penjualan. Bila dibanding November, catatan penjualan Carry di Desember 2022 mengalami peningkatan 17 persen.

Kemudian, bila dibanding tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu Januari hingga Desember, Carry mengalami peningkatan 2 persen dengan total penjualan 52.322 unit.

Mengimbangi penjualan Carry, XL7 juga mencatatkan performa penjualan positif untuk kendaraan penumpang.

XL7 terjual 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9 persen selama 2022 ketimbang 2021. Sedangkan Desember 2022, penjualan XL7 meningkat 25 persen dari November.

Lalu kontributor utama ketiga Suzuki lainnya adalah Ertiga. Varian Ertiga Hybrid saat ini juga menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan mengemas angka distribusi ke dealer sebanyak 5.244 unit.

Suzuki juga mengumumkan penjualan untuk kategori mobil CBU (Completely Built Up) dengan perolehan 5.785 unit pada 2022 dengan peningkatan empat persen.

"Bertambahnya kebutuhan dan aktivitas atau munculnya usaha baru yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, membuat penjualan Suzuki meningkat di tahun ini. Ditambah dengan peluncuran model-model mobil Suzuki baru yang menarik selama tahun 2022," kata dia.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER