Mana Lebih Baik, Parkir Maju atau Mundur?

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 16:00 WIB
Parkir maju atau mundur punya kelebihan dan kekurangan, namun parkir mundur dianggap lebih baik dinilai dari kemudahan dan keamanan. Parkir maju atau mundur punya kelebihan dan kekurangan, namun parkir mundur dianggap lebih baik dinilai dari kemudahan dan keamanan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian orang memilih parkir maju atau memasukkan bagian depan mobil lebih dahulu ke dalam parkiran. Cara ini dianggap mudah dan cepat tetapi merepotkan nanti saat keluar karena harus mundur.

Sebaliknya, sebagian orang lebih menyukai parkir mundur yang berarti ekor mobil masuk lebih dulu ke parkiran.

Ada berbagai pertimbangan antara parkir maju atau mundur, tetapi kecenderungannya lebih baik parkir mundur dinilai dari manfaat dan keamanan.

Salah satu keuntungan parkir mundur adalah kemudahan saat keluar parkiran. Saat parkir mundur berarti kepala mobil menghadap ke jalan utama.

Posisi itu dapat memudahkan saat ingin keluar. Pengemudi tinggal memajukan mobil dan melihat langsung melihat arus kendaraan di hadapannya.

Sebaliknya, jika posisi parkir maju, artinya membelakangi jalan utama. Saat ingin keluar parkiran pengemudi lebih repot sebab harus mengawasi banyak hal seperti spion dan lalu lintas jalan sambil menoleh.

Kelebihan lain parkir mundur yakni memudahkan keluar parkiran secara cepat dalam kondisi darurat.

Parkir mundur bisa jadi dianggap sulit tetapi kini sudah dipermudah, misalnya pengelola parkiran punya beton pembatas di lantai yang bisa diandalkan untuk menahan laju saat memasukkan kendaraan.

Pengemudi yang parkir mundur biasanya akan kesulitan memperkirakan jarak aman belakang mobil dengan tembok. Namun dengan bantuan beton pembatas parkir, roda akan terganjal sehingga tidak menabrak tembok.

Hal ini membuat parkir mundur lebih mudah ketimbang saat parkir dengan posisi kepala mobil lebih dahulu. Alasannya, posisi beton sebetulnya telah diatur sesuai dengan ukuran mobil pada umumnya.

Tapi untuk beberapa mobil, posisi sudut bumper depan lebih rendah dibanding bumper belakang. Sehingga kalau parkirnya maju, kita bisa saja menabrak pembatas tersebut, mengutip situs resmi Toyota Indonesia.

Kemudian parkir mundur juga memudahkan akses ke ruang mesin jika sewaktu-waktu terjadi hal darurat. Ini karena posisi kepala mobil berada pada sudut lebih luas dan tidak sempit. Berbeda jika parkir dengan kepala mobil masuk, tentu akan membatasi akses ke bagian ruang mesin.

Selanjutnya parkir mundur ini akan lebih dimudahkan oleh bantuan fitur pada mobil yang umumnya cuma ada pada sisi belakang, seperti kamera dan sensor parkir, mengutip Seva.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER