Benda Angkasa

Akhir Januari, Komet Lovejoy Hiasi Langit Jakarta

Hani Nur Fajrina , CNN Indonesia | Senin, 05/01/2015 15:28 WIB
Akhir Januari, Komet Lovejoy Hiasi Langit Jakarta Komet C/2014 Q2 atau lebih sering disebut dengan Komet Lovejoy ditemukan oleh Terry Lovejoy dari Australia pada 17 Agustus 2014. (Dok. NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Langit di penghujung Januari akan dihiasi oleh komet C/2014 Q2 atau yang lebih sering disebut dengan komet Lovejoy. Diperkirakan komet Lovejoy akan mendekati matahari sekitar tanggal 30 Januari mendatang.

Menurut prediksi di laporan In The Sky, komet Lovejoy bisa dilihat dari kawasan Jakarta tanggal 30 Januari sekitar pukul 19:07 WIB saat langit senja tengah memudar.

Komet Q2 Lovejoy awalnya ditemukan oleh Terry Lovejoy pada 17 Agustus 2014 kemarin. Ini merupakan komet kelima yang ditemukan oleh Terry, yang sejatinya adalah seorang ahli teknologi informasi sekaligus astronom pemula asal Australia.

Benda asing ini diyakini berasal dari Awan Oort dan sejauh ini telah memukau para pengamat benda angkasa saat Q2 Lovejoy mendekati bagian perihelion --inti orbit dari sebuah planet -- dalam beberapa minggu mendatang.

Dari laporan situs The Age, seorang ahli astronomi bernama Alan Gilmore dari Selandia Baru mencemaskan apabila bulan purnama akan 'menghanyutkan' pemandangan Q2 Lovejoy dari langit malam.

"Kecuali jika Q2 Lovejoy tiba-tiba menjadi lebih terang dari dugaan sebelumnya. Jika tidak, saya ragu Q2 Lovejoy bisa dilihat secara jelas karena bersamaan dengan bulan purnama," ujar Gilmore.

Sementara situs Sky and Telescope turut mengabarkan, bahwa Q2 Lovejoy bisa dilihat dengan mata telanjang dalam kondisi langit yang baik.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komet Melintas di Langit Indonesia