APLIKASI PENERJEMAH

Google Translate Bisa Terjemahkan Suara dan Teks Visual

Aditya Panji, CNN Indonesia | Jumat, 16/01/2015 09:29 WIB
Google menambahkan fitur penerjemah suara dan penerjemah teks visual pada aplikasi Translate di iOS dan Android. Namun, fitur ini baru mendukung 7 bahasa. Google terus mengembangkan fitur pada layanan Translate untuk meminimalkan kendala bahasa dalam berkomunikasi. (Getty Images/Hillaryfox)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Translate menjadi aplikasi wajib bagi mereka yang bepergian ke sebuah negeri dengan bahasa yang tidak dipahami. Dalam sebuah pembaruan aplikasi Translate di iOS dan Android, Google menambah dua fitur keren yang pastinya sangat disukai oleh mereka yang gemar melancong.

Aplikasi Translate kini bisa menerjemahkan teks visual yang ada di sekitar Anda secara realtime. Fitur baru yang kedua adalah bisa menerjemahkan suara.

Penerjemah teks visual harus memanfaatkan kamera di ponsel. Anda cukup mengarahkan teks bagian mana yang ingin diterjemahkan. Seketika aplikasi tersebut akan menerjemahkan teks visual pada layar ponsel.


Ini akan membantu memahami sebuah penunjuk jalan, jika Anda bepergian ke Rusia atau Perancis, misalnya.

Teknologi penerjemahan teks visual yang mengesankan ini terealisasi berkat kode pemrograman milik World Lens, sebuah perusahaan rintisan yang diakuisisi Google tahun 2014 lalu. Teknologi macam ini sebelumnya telah ada di aplikasi Bing Translate pada ponsel Windows Phone.

Lanjut ke fitur kedua, yaitu fitur penerjemah suara. Ia bisa bertindak sebagai perantara antara dua orang yang berbicara dengan bahasa berbeda.

Anda bisa menekan tombol mikrofon dan mulai berbicara dengan bahasa pertama. Translate akan menerjemahkan ke bahasa yang Anda tuju. Kemudian, lawan bicara Anda bisa berbicara dengan bahasanya dan Translate akan menerjemahkan ke bahasa yang Anda mengerti.

Dua fitur baru ini akan sedikit membantu mengatasi hambatan bahasa saat bepergian ke negeri yang tidak Anda pahami bahasa lokalnya.

Saat ini, fitur baru terjemahan instan masih terbatas pada bahasa Inggris ke bahasa Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia dan Spanyol. Google punya rencana menambahkan bahasa lain dalam fitur terjemahan instan di masa depan.

Google mengatakan sebanyak 500 juta orang telah menggunakan layanan ini setiap, dan menghasilkan lebih dari satu miliar terjemahan per hari. (adt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK