Kini Usia Dot-com Genap 30 Tahun

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2015 10:54 WIB
Kini Usia Dot-com Genap 30 Tahun Ilustrasi pengguna komputer (Startup Stock Photos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanggal 15 Maret 2015 kemarin, ada peristiwa yang sangat penting bagi dunia internet. Karena di tanggal tersebut, untuk pertama kalinya nama di depan 'dot-com' dikomersialkan.

Sejarahnya bermula saat perusahaan komputer berbasis di Massachusetts, Symbolics, menjadi pembeli pertama 'dot-com' pada tanggal 15 Maret 1985. Bahkan, empat tahun sebelum World Wide Web (WWW) eksis. Itu juga menandakan bahwa, usia 'dot-com' saat ini sudah genap 30 tahun.

Tonggak sejarah tersebut, menjadikan Symbolics.com menjadi nama dot-com pertama di dunia dan menjadikan tanda usia kelahiran dot-com secara komersial.


Di awal berdirinya, situs tersebut sesuai dengan misi dan visi perusahaan sebagai penyedia dan pembuat komputer workstation, termasuk piranti lunak di dalamnya. Bahkan, nama Symbolics pernah disebut dalam adegan di film Jurassic Park arahan Steven Spielberg.

Domain pertama di dunia tersebut masih bertahan hingga saat ini, namun demikian tidak dengan perusahaan Symbolics. Karena mereka kalah bersaing, sampai dinyatakan bangkrut pada tahun 1993.

Singkat cerita Symbolics dikuasai oleh pengusaha bernama Aron Meystedt, dia memiliki perusahaan tersebut termasuk domain bersejarah tersebut.

Alasannya klasik, perusahaan ini ingin mengumpulkan uang untuk melanjutkan operasinya. Karena seperti diketahui, kendati kondisinya kembang kempis, piranti lunak buatan Symbolics yakni Lips, masih digunakan oleh segelintir perusahaan.

Saat ini, Symbolics.com memang masih tetap hidup namun dibiarkan bergitu saja, seolah tak berpenghuni dan menjadi situs bersejarah. Karena menelusuri ke lamannya, pengunjung tak akan menemukan apapun, kecuali gambar gedung dan beberapa informasi mengenai sejarah situs tersebut.
Tampilan Symbolics.com saat ini





(tyo)