Penjualan Terpuruk, CEO HTC Digeser

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2015 16:35 WIB
Penjualan Terpuruk, CEO HTC Digeser HTC One M9 (Dok. HTC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan ponsel HTC yang terus menurun selama tiga tahun terakhir, memaksa orang nomer satu di perusahaan tersebut mundur.

Peter Chou, yang selama ini menjabat sebagai CEO HTC, mundur dari posisinya dan digantikan oleh Cher Wang yang merupakan Chairwoman di perusahaan asal Taiwan tersebut.

"Saya mengenal perusahaan ini, saya mengenal orang-orangnya, dan saya mempunyai visi. Saya rasa saya adalah kandidat terbaik,” kata Wang seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (20/3).


Selama dipimpin Chou perkembangan HTC sebenarnya cukup baik, dan sempat menembus pasar teratas produsen ponsel di Amerika Serikat. Namun tiga tahun terakhir kondisi pasar terlihat kurang berpihak kepada HTC, penjualan mereka anjlok. Habis dikepung Apple, Samsung bahkan Xiaomi.

Posisi CEO yang kini dipegang oleh Wang memang diharapkan bisa memberikan angin segar. Tapi membuat HTC kembali bersinar, bukanlah perkara mudah.

"Peter telah melakukan kesalahan, bahkan dengan dipilihnya Cher bukan berarti HTC bisa kembali seperti sebelumnya," prediksi Jeff Pu, dari Yuanta Financial Holding Co.

Setelah mundur dari CEO, Chou kabarnya akan memimpin divisi pengembangan produk HTC.


(adt/eno)
htc