Tata Ulang Kelar, XL 4G LTE di Jakarta Bisa Digelar

Aditya Panji, CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2015 21:10 WIB
Tata Ulang Kelar, XL 4G LTE di Jakarta Bisa Digelar Ilustrasi XL Axiata (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah mengkomersialkan 4G LTE di Medan, Bogor, Yogyakarta, Lombok, Surabaya, dan Denpasar, XL Axiata sedang menyiapkan komersialisasi layanan Internet mobile generasi keempat itu di kota Jakarta dan Bandung.

Saat ini perusahaan dalam proses mempersiapkan infrastruktur 4G LTE di dua kota itu dengan radio akses yang mendukung multi jaringan.

XL enggan mengkomersialkan 4G LTE di Jakarta dan Bandung karena tak mau memanfaatkan spektrum 900 MHz. Di spektrum ini XL hanya memiliki sumber daya 7,5 MHz yang terbilang kecil dan tak ideal untuk 4G LTE.


Perusahaan memutuskan pakai spektrum 1.800 MHz untuk 4G LTE. Di sana XL memiliki sumber daya 22,5 MHz yang sangat ideal untuk gelar 4G LTE.

"Spektrum 1.800 MHz itu populer untuk 4G LTE. Banyak perangkat yang dukung spektrum itu untuk 4G LTE," kata Budi Harjono, VP Network Planning and Development XL Axiata, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (22/9).

Ia juga mengatakan, spektrum 900 MHz kurang mampu melayani trafik data di kota Jakarta dan Bandung yang tinggi. Oleh karena itu perlu diantisipasi oleh 1.800 MHz dengan sumber daya besar.

XL belum bisa memanfaatkan 1.800 MHz di Jakarta dan Bandung untuk 4G LTE karena spektrum tersebut masih dalam proses tata ulang yang dimulai dari kawasan Indonesia timur menuju kawasan barat.

Tata ulang ini dilakukan untuk menempatkan blok frekuensi milik operator agar diposisikan secara berdampingan, tidak lagi terpisah-pisah. Pemerintah dan operator telekomunikasi berharap langkah ini bisa membuat layanan lebih maksimal.

Tata ulang 1.800 MHz yang dimulai pada Mei tahun ini telah diselesaikan di kawasan Bali, Nusa Tenggara, dan Jawa Timur. Sementara di Jakarta dan Bandung, diprediksi rampung pada November 2015.

Sejauh ini, XL telah mengkomersialkan 4G LTE dengan 1.800 MHz di kota Lombok, Denpasar dan Surabaya. Sementara 4G LTE di 900 MHz dipakai di kota Bogor, Medan, dan Yogyakarta.

Selain spektrum 900 MHz dan 1.800 MHz, XL juga memiliki sumber daya di 2.100 MHz seluas 15 MHz yang dipakai untuk layanan 3G.


(adt/tyo)