Android N Tambahkan Kontak Darurat di Lock Screen

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Senin, 14/03/2016 11:07 WIB
Android N Tambahkan Kontak Darurat di <i>Lock Screen</i> Ilustrasi (Dok.Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya mampu mengirit kuota internet dan memiliki fitur multi-windows, Android N juga dilengkapi satu fitur penting yang tak dimiliki oleh versi sebelumnya, yakni menampilkan informasi darurat pada lock screen.

Beberapa informasi personal yang bisa ditampilkan di antaranya adalah nama, alamat, tanggal lahir, golongan darah, alergi, kondisi medis, obat-obatan yang wajib dikonsumsi, dan lain-lain.

Tak hanya sebatas itu, pengguna juga bisa membuat kontak darurat sehingga orang-orang penting dapat dihubungi dengan cepat tanpa harus membuka lock screen.


Dengan fitur ini, orang lain di sekitar pun bisa melakukan tindakan yang tepat saat pengguna dalam keadaan darurat.

Untuk mengaktifkan fitur ini, ketika pertama kali menggunakan sistem operasi Android N, pengguna akan diminta untuk melengkapi berbagai data personal. Namun ini sifatnya opsional sehingga pengguna bisa saja melewatinya.

Jika terlewat, pengguna masih bisa mengaktifkannya melalui menu Settings > Users. Setelah selesai melakukan konfigurasi, tombol emergency panel pun akan muncul pada lock screen. Namun tombol ini hanya muncul jika pengguna menerapkan password untuk membuka lock screen.

Untuk menjaga keamanan, informasi darurat yang ditampilkan sengaja dirancang agar tidak dapat diubah melalui lock screen. (tyo)


BACA JUGA