Android N Bisa Menghemat Kuota Internet

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 11/03/2016 15:14 WIB
Android N Bisa Menghemat Kuota Internet Ilustrasi menggunakan ponsel Android
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama ini aplikasi di ponsel-ponsel Android akan secara otomatis mengunduh data dari server untuk melakukan update. Nah, fungsi ini nantinya bisa dinonaktifkan di Android N.

Mengunduh data di belakang layar sebenarnya memang dibutuhkan aplikasi untuk menampilkan konten yang paling segar saat diakses. Media sosial, aplikasi pembaca berita, dan pesan instan biasanya membutuhkan fungsi ini.

Namun efek samping dari fungsi tersebut banyak dikeluhkan pengguna Android. Selain bikin baterai boros, kuota Intenet pengguna juga bakal cepat terkuras. Di Android N hal itu bisa diatasi.



Google menyediakan fungsi bernama Data Saver, dan layanan ini bisa diakses pada dalam menu pengaturan cepat di Android N. Gerser bar notifikasi ke bawah, maka opsi tersebut akan muncul.

Data Saver bekerja dengan menghalang aplikasi mengunduh data di belakang layar. Tapi jangat khawatir, pengguna dizinkan untuk memasukkan sejumlah aplikasi untuk pengecualian, misalnya aplikasi pesan instan, email atau media sosial jika memang berkenan.

Selain menghemat data, cara ini juga diklaim bakal efektif meningkatkan daya tahan baterai.


Sebelumnya, Hiroshi Lockheimer sebagai SVP Google untuk divisi Android, Chrome OS dan Chromecast sudah membocorkan fungsi lain Android N, yakni kemampuan Multi Windows.

Multi windows memungkinkan perangkat untuk menjalankan dua atau lebih aplikasi sekaligus secara bersamaan dalam satu layar. Kemudian ditambahkan juga fungsi untuk memutar konten video melalui TV Android.

Android N yang kemudian diduga akan bernama selai cokelat Nutella ini akan tersedia untuk perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P. Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C.


(eno)


BACA JUGA