Aplikasi Android akan Bisa Jalan di Chromebook?

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Senin, 25/04/2016 14:14 WIB
Aplikasi Android akan Bisa Jalan di Chromebook? Ilustrasi komputer jinjing. (Kpgolfpro/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi-aplikasi Android mungkin bakal bisa dijalankan pada komputer yang bersistem operasi Chrome hasil pengembangan Google. Bocoran informasi ini tersiar berkat temuan baru dalam Chromebook.

Pengguna Reddit baru saja menemukan sebuah opsi yang memungkinkan Chromebook agar bisa menjalankan aplikasi Android. Opsi bernama "Enable Android apps to run on your Chromebook" berhasil ditemukan pada menu pengaturan di Chrome OS versi 51.

Namun, tak lama setelah menu setting dibuka, opsi tersebut hilang secara otomatis sehingga pengguna tak lagi bisa menemukannya.


Meski secara fisik hilang, pemilik akun Reddit TheWiseYoda sempat membuka kode sumber Chrome OS versi 51 dan menemukan kalimat yang menunjukkan bahwa fitur tersebut sejatinya tetap ada, seperti "Over a million apps and games now available on your Chromebook" dan "Choose from over a million apps and games on Google Play to install and use on your Chromebook".

Dengan adanya fitur ini, bisa jadi pengguna Chrome OS pun dapat mengakses Google Play Store untuk memperoleh berbagai aplikasi Android.

Hal ini akan membuat fungsionalitas Chromebook semakin baik mengingat tak banyak orang yang mengembangkan aplikasi untuk platform Chrome OS.


Saat ini, fitur tersebut nampaknya baru tersedia untuk versi developer. Itu pun masih belum bisa digunakan. Kemungkinan, Google baru mengumumkan keberadaan fitur tersebut pada konferensi Google I/O yang diadakan pada Mei 2016 mendatang.

Sebelumnya, pada tahun 2014 lalu, Google sudah berhasil merayu sejumlah perusahaan agar membuat aplikasi Android yang bisa berjalan di Chrome OS --seperti Vine, Evernote, dan Duolingo-- sebagai bagian dari uji coba yang dilakukan hingga April 2015 lalu.

Tak lama berselang, pada September 2015, Google pun meluncurkan aplikasi ARC (App Runtime for Chrome) Welder yang berfungsi sebagai 'jembatan' antara Chrome OS dan Android. (adt/adt)