Microsoft Pesimis Capai 1 Miliar Windows 10 di 2018

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Sabtu, 20/08/2016 09:42 WIB
Microsoft Pesimis Capai 1 Miliar Windows 10 di 2018 Director Consumer Channel Group Microsoft Indonesia Linda Dwiyanti saat demo fitur terbaru Windows10 (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan teknologi Microsoft beberapa waktu lalu sempat mengumumkan target 1 miliar pengguna Windows 10 tidak bisa tercapai tepat waktu pada 2018. Apa alasan di balik itu?

Sistem operasi Windows 10 meluncur secara publik pada 29 Juli 2015. Sejak itu, Microsoft memberi update OS secara gratis kepada para pengguna agar mau mengadopsi Windows 10.

Harapan tersebut membuat Microsoft sangat optimis bisa menyentuh angka 1 miliar pengguna dalam kurun waktu tiga tahun, yakni pada pertengahan 2018. Sayangnya target ini harus pupus.

Director Consumer Channel Group Microsoft Indonesia Linda Dwiyanti mengatakan, angka 1 miliar pengguna itu memang terpaksa harus dikendorkan.


"Target 1 miliar user itu tentunya kami ingin dari perangkat PC dan mobile. Namun tampaknya tidak bisa tercapai dalam kurun waktu tiga tahun," ungkap Linda di sela diskusi media di Jakarta, kemarin.

Dilanjutkannya, "hal tersebut salah satunya karena adanya perubahan strategi bisnis divisi mobile Microsoft. Untuk itu kami berharap 1 miliar user bisa tercapai dalam setidaknya kurun waktu empat sampai lima tahun."

Itu tandanya target pengguna Windows 10 bisa menyentuh angka 1 miliar pengguna paling tidak baru terealisasi pada 2019.

Di sisi lain, Linda mengklaim bahwa pertumbuhan adopsi Windows 10 merupakan yang tercepat dibanding beberapa OS terdahulunya.

"Salah satunya sudah pasti karena kami berikan program update gratis selama satu tahun belakang," imbuh Linda.

Terhitung mulai 29 Juli 2016, program gratis Windows 10 berakhir. Hal ini membuat pengguna harus membayar pembaruan OS Windows 10.

Meski berbayar, Microsoft optimis Windows 10 tetap diminati

Setelah menghentikan program update gratis Windows 10, Microsoft mengaku tetap optimis pengguna global —khususnya Indonesia— pada akhirnya akan beralih ke OS baru ini.

Jika melihat data tingkat kepuasan pengguna Windows 10 yang diklaim lebih tinggi dibanding generasi lawas lainnya, Linda mengaku optimis target 1 miliar bisa tercapai.

"Pasti ada saja pengguna yang susah move on dari Windows XP, tapi kami tetap memberi fitur dan pembaruan di Windows 10 yang jauh lebih canggih agar adopsi OS ini juga meningkat," lanjut Linda.

Linda menambahkan, peningkatan trafik penggunaan Windows 10 tak hanya berasal dari consumer biasa namun juga enterprise. Selain itu adopsi Windows 10 juga telah menjalar ke berbagai perangkat seperti Acer, Lenovo, hingga Asus.

"Saya tidak bisa beri angka spesifik target pertumbuhannya berapa pasca program gratis, tapi kami yakin jumlah pengguna Windows 10 akan meningkat jika melihat pertumbuhannya selama satu tahun terakhir," ungkapnya. (evn/evn)