Mazda, Bentley, Lambo Tak Akan Ikut Serta Paris Auto Show

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Jumat, 23/09/2016 07:10 WIB
Mazda, Bentley, Lambo Tak Akan Ikut Serta Paris Auto Show Mazda, Bentley dan Lamborghini memastikan tidak akan ikut gelaran Paris Auto Show. (REUTERS/Jacky Naegelen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mazda, Bentley dan Lamborghini bergabung dengan Ford, Rolls-Royce dan Volvo dalam daftar produsen mobil yang tidak akan ikut serta gelaran Paris Auto Show awal Oktober 2016. Pabrikan Jepang, Inggris dan Italia itu mengaku lebih fokus pada gelaran yang lebih kecil dengan ongkos yang lebih murah dan sedikit kompetisi dalam menarik perhatian pengunjung.

CEO Mazda Eropa Jeff Guyton seperti dilansir Automotive News Europe, Februari silam mengatakan jika Mazda akan sulit menimbulkan dampak dalam gelaran besar itu yang mana didominasi oleh Renault dan PSA Group.
Beberapa saat kemudian pabrikan Jepang ini memutuskan untuk tidak turut serta dalam ajang salah satu pameran otomotif terbesar di dunia itu. Mazda lebih memilih untuk melakukan kampanye atas penjualannya di Perancis dan Eropa.

"Mazda tidak turut serta, namun itu tidak mempengaruhi strategi global kami," ujarnya.


Ongkos pameran mencapai jutaan euro untuk menampilkan sebuah merek mobil, terlebih kendaraan mewah dengan papan nama yang megah dan terbaik di antara peserta pameran yang lain. Itu seharga yang mana Volkswagen tidak akan mau membayarkannya untuk Bentley dan Lamborghini yang tengah terlilit skandal kecurangan emisi.

Bentley mengatakan mereka lebih fokus pada gelaran yang lebih kecil untuk meraup pasar pembeli secara langsung. Lamborghini mengatakan melewatkan gelaran ini adalah sebuah strategi dan pilihan dalam mencari lokasi di mana merek Italia mau berada.

VW tidak secara langsung membawa mereknya, melainkan merek-merek di bawah naungan mereka seperti Audi, Seat dan Skoda yang akan hadir di Paris 1 Oktober mendatang.

Mazda, dikatakan Guyton di Jenewa Auto Show Maret 2016 bahwa stratei mereka adalah untuk mencari peluang dalam merangkul konsumen dengan cara yang berbeda dan dalam sebuah hubungan yang panjang. (pit/pit)