Vuhl, Kompetitor Pertama Sportcar dari Meksiko

Hafizd Mukti Ahmad, CNN Indonesia | Selasa, 04/10/2016 11:04 WIB
Vuhl, Kompetitor Pertama Sportcar dari Meksiko Supercar Vuhl. (Courtesy Vuhl)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat Anda berpikir negara dengan industri otomotif yang maju dan besar, Meksiko tidak akan masuk dalam daftar yang ada di otak Anda.

Namun kakak adik, Guillermo dan Iker Echevarria punya misi tersendiri dengan membangun sebuah mobil roadster dua penumpang yang dibangun dengan manufaktur rumahan yang mereka miliki dan diberi nama Vuhl.
Kreasi pertama Vuhl adalah 'The 05' yang merupakan sebuah mobil barebones yang berada di antara varian mobil pendek namum mampu berlari sangat cepat di atas aspal. Faktanya, dengan mesin Ford 2.0 liter, Vuhl mampu menghasilkan 285 tenaga kuda berbobot 695 kilogram, yang berarti tak lain mobil ini memberikan performa luar biasa.
Supercar Vuhl (Courtesy Vuhl)
Kecepatan mobil ini muncul dari ide 'The 05" itu sendiri yang mana merupakan sebuah mobil yang mampu Anda beli sesuai ekspektasi atas kecepatan dan desain yang impresif. The 05 muncul pertama kali dalam sebuah konsep di 2013, diperkenalkan oleh mantan pebalap F1 asal Inggris Stirling Moss di Royal Automobile Club London. Seminggu kemudian, pebalap F1 Esteban Gutierrez menggukanan mobil itu di Goodwood Festival of Speed untuk memperlihatkan Vuhl siap masuk meramaikan persaingan mobil-mobil sport dengan merek yang telah besar.
Tiga tahun kemudian (2016), penjualan Vuhl 05 dimulai.

Bisnis Keluarga


Ini di luar dugaan atas pencapaian dua bersaudara yang memiliki latar belakang industri desain lalu berkecimpunng dalam sebuah industri 'kumbang bermotor'. Sang ayah, Guilelermo Echevarria senior adalah seorang pebalap dan sangat terobsesi atas sebuah mobil.

Kemunculan 05 terinspirasi dari sebuah sejarah mobil-mobil sport dan legendaris yang muncul sebelumnya seperti Porsche 917 dan McLaren M8F.
Supercar Vuhl. (Courtesy Vuhl)
"Desain Vuhl 05 terinspirasi dari para pebalap Can-Am di tahun 70an. Tidak ada pintu, tidak ada atap tidak ada kaca dan mengekspose rollbar. Tantangannya adalah membuat esensi mobil yang ikonik yang lahir dari konsep kontemporer tanpa terlihat seperti mobil retro," kata Iker seperti dikutip CNN belum lama ini.

Hasilnya adalah desain yang agresif dan garis tegas dengan aksen layaknya Batmobile (milik Batman) juga fungsi yang mengagumkan,
"Ini akan melewati waktu yang panjang. Kami membangun ini dengan kesederhanaan dan dipandu oleh fungsi yang seharusnya."

Melawan Ekspektasi

Seperti kebanyakan pabrikan pembuat supercar, Vuhl banyak mendapat kritik yang mengatakan jika mereka ingin menjadi produsen supercar yang diperhitungkan namun kemungkinan sekarat atau mati lebih besar sebelum mereka bisa memulai. Sekarang telah tiga tahun dilewati Vuhl, pabrikan kecil ini telah memperkenalkan versi yang berpotensial laku dipasaran, 05 yang dikenal sebagai 05RR.

Dengan 05 dan 05RR dalam genggaman, Vuhl punya alasan untuk sukses meskipun perlu waktu. Namun saat ini Vuhl mampu mengeksploitasi jarak antara para rival dan memastikan di mana area mereka bermain.
Supercar Vuhl. (Courtesy Vuhl)
"Ini jumlah uang yang besar untuk sebuah mobil yang belum sepenuhnya mobil eksotis, namun Vuhl berada di level atas dari Zenos dan Caterham (Inggris) dan di bawah Radical BAC yang mana tidak ada pemain yang bermain di area itu. Maka disitulah potensi Vuhl," ujar jurnalis otomotif Phil Huff.

"Mungkin akan sangat tidak relevan atas kehadiran mobil Meksiko, bahkan saya rasa hanya beberapa orang saja yang tahu."
Dengan rencana produksi 20 hingga 25 05RR per tahun, di harga 60 ribu poundsterling, Vuhl punya jalan berliku untuk bersanding dengan Inggris, Jerman dan Itali dan membuat mereka khawatir akan persaingan yang ada, namun apapun itu Meksiko tidak pernah membawa sebuah perubahan yang berdampak besar dalam peta otomotif dunia, sebelum kemunculan Vuhl. (pit/pit)