Honda Pukul Jatuh Toyota di China

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Rabu, 07/12/2016 04:32 WIB
Honda Pukul Jatuh Toyota di China Dalam 11 bulan pertama di 2016 Honda berhasil melampaui penjualanToyota di China. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan mobil Honda di China mengalahkan Toyota untuk 11 bulan pertama 2016 ini. Model baru dari Honda sukses memikat konsumen di pasar otomotif terbesar di dunia itu.

Diberitakan Reuters, Selasa (6/12) konsumen China tertarik dengan model baru dari Honda seperti sedan Civic dan SUV terbarunya. Untuk memenuhi permintaan yang semakin tinggi, Honda berencana membuka pabrik baru di Wuhan, China.

Honda menjual sekitar 14.500 unit lebih banyak daripada Toyota pada periode Januari-November 2016. Jika tren ini berlanjut, Honda akan tetap berada di atas Toyota dalam periode 2016 penuh.


"Mengalahkan merek pesaing tertentu bukan tujuan bisnis kami di China. Kami fokus pada kebutuhan konsumen China dan merasakan momentum penjualan yang kuat yang kami miliki di China sekarang adalah bukti bahwa strategi kami bekerja," kata juru bicara Honda yang berbasis di Beijing.

Seorang juru bicara Toyota di Beijing enggan mengomentari kinerja penjualan mobil dibanding Honda. Menurut dia, tujuan Toyota di China adalah untuk mencapai pertumbuhan yang stabil.

"(Caranya) dengan berfokus pada kepuasan pelanggan, termasuk menciptakan kualitas penjualan dan pelayanan," katanya.

Meski persaingan kedua produsen Jepang ini sangat ketat, Honda dan Toyota masih berada di belakang General Motors dan Volkswagen di pasar otomotif China. Keduanya pada tahun lalu menjual sekitar 3,6 juta mobil. (pit/pit)


BACA JUGA