Kaleidoskop 2016

MPV Selamatkan Industri Otomotif Sepanjang 2016

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 28/12/2016 16:10 WIB
Foto: CNN Indonesia/Tachta Citra Elfira
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepanjang 2016 produsen otomotif dunia berlomba-lomba mengeluarkan produknya dari berbagai segmen. Mulai kategori mobil sedan, mobil sport, hatchback, sport utility vehicle (SUV) hingga multi purpose vehicle (MPV) atau biasa dikenal dengan minivan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 2016 pasar Indonesia masih dikuasai oleh segmen low MPV (LMPV). Yang artinya, penyumbang penjualan terbaik dari masing-masing produsen berada di segmen tersebut.


Segmen ini berhasil menyelamatkan muka industri otomotif nasional yang tengah dirundung awan hitam menurunnya penjualan.


MPV pertama kali diciptakan di Perancis sekitar tahun 1987 oleh pabrikan Renault. Mereka kemudian meluncurkan produk MPV pertamanya, yakni Renault Espace. Secara garis besar, MPV merupakan sebuah mobil keluarga yang mampu mengangkut penumpang lebih banyak, tanpa kuatir akan barang bawaan.

Popularitas MPV di Indonesia kini semakin popular. Berbagai jenis dari bermacam merek MPV hadir, mulai mini MPV, MPV sampai ekstra big MPV. Ketiganya, sudah menempati hati para konsumen di Indonesia.


Alasan ekonomis dan daya angkut yang besar jadi alasan utama faktor konsumen di tanah air dan membuat pabrikan berlomba menghadirkan kelas MPV dengan design kekinian.

CNNIndonesia.com telah merangkum lima produsen mobil kelas MPV paling diminati sepanjang tahun 2016.
HALAMAN :
1 2 3 4 ... 7