BMW Indonesia Siap Benamkan Teknologi Parkir Otomatis

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 07/03/2017 17:27 WIB
BMW Indonesia Siap Benamkan Teknologi Parkir Otomatis Vice President Corporate Communication BMW Indonesia Jodie O' Tania (kiri), Product Planning Manager Tami Notohutomo (tengah) dan Training Manager Ariefin Makaninan (kanan) menujukan fitur layanan purnajual online terbaru BMW Indonesia. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Jakarta, CNN Indonesia -- BMW Indonesia menggunakan beragam fitur dengan teknologi terkini yang sengaja disusupkan ke dalam salah satu produksi premiumnya di Indonesia. Salah satu fitur yang menarik ialah parkir otomatis dan display key yang kini ada di dalam produk 7 Series BMW terbaru, yaitu BMW 740 Li Executive.

Product Planning Manager BMW Indonesia Tami Notohutomo mengatakan fitur tersebut sebenarnya memiliki fungsi sebagai kunci mobil. Namun, Display Key itu ditunjang dengan layar sentuh berukuran 2,2 inci.

"Itu adalah yang pertama di dunia otomotif. Seperti kunci mobil biasa, cuma punya display 2,2 inci. Bisa atur semua, semuanya bisa dilihat dari Display Keynya," kata Tami.


Kata dia, teknologi tersebut ialah yang pertama dalam sejarah dunia otomotif. Yang mana, fungsinya dapat menjadi pengawas kendaraan secara keseluruhan, seperti service interval, melihat kondisi pintu, jendela terbuka atau tertutup. lalu, dapat membuat timer untuk menyalakan mesin dan pendingin ruangan sesuai keinginan.

"Jadi pas masuk ke dalam mobil, kondisi kendaraan sudah dingin," ujarnya.

Untuk menghubungkan fiturnya dengan kendaraan, BMW menggunakan sambungan melalui WLAN. Tidak seperti generasi 7-Series sebelumnya yang menggunakan controler.

Ia menambahkan, produsen asal Jerman itu juga akan memberikan inovasi lainnya terhadap display key, yakni berupa remote parking. Tami menjelaskan, cara kerja dari Remote Parking adalah pengemudi dapat memarkirkan kendaraannya secara otomatis, tanpa pengemudi berada di dalam kendaraan.

"Itu pengemudi berada di luar (kendaraan). Jadi kendaraan akan parkir sendiri pakai Display Key," ujar dia.

Tetapi, ia menambahkan, Remote Parking saat ini baru berada di negara BMW berasal. Untuk cara pakai atau bentuknya, pihak BMW Indonesia juga belum mengetahui detainya secara pasti. Tami juga belum berani berspekulasi, mengenai kepastian fitur tersebut masuk ke dalam produknya di tanah air.

"Indonesia belom ada. Itu baru planning ke depan, tetapi saya belum tau masuk ke sini kapan," kata Tami. (pit/pit)


BACA JUGA