Raksasa Otomotif Italia Bangun Universitas Pertama

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Jumat, 24/03/2017 16:20 WIB
Raksasa Otomotif Italia Bangun Universitas Pertama Lamborghini, Ferrari, Ducati dan Maserati membuat universitas otomotif pertama di dunia. (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ferrari, Lamborghini, Ducati dan Maserati membangun universitas otomotif pertama mereka di Emilia-Romagna. Selain merek-merek besar tersebut, ada juga Magneti Marelli, Toro Rosso, Dallara dan Haas yang ikut serta berkontribusi.

Diberi nama Motorvehicle University of Emilia Romagna (MUNER). MUNER yang berada di tengah Italia itu akan mendapatkan bantuan pendidikan dari berbagai universitas yang ada di Italia.

MUNER membatasi di angka 150 mahasiswa, untuk jurusannya dikatakan 30 mahasiswa akan mengambil program studi Advanced Electronic Engineering. Program master juga dibuka untuk mahasiswa internasional.


Dikutip Forbes, Kamis (23/3), demi memenuhi kebutuhan dengan dunia otomotif seperti pabrik mobil sport, MUNER akan membuka program studi IT dan Connectivity.

"Ini merupakan satu projek skala nasional dan internasional, dipastikan Emilia Romagna tidak hanya untuk pabrikan Eropa saja tetapi untuk global karena ini bicara kerjasama ilmu pengetahuan, penelitian dan produksi, tetapi juga bisa melahirkan platform baru untuk pelatihan lanjutannya," kata President wilayah Emilia-Romagna Stefano Bonaccini.

Tak hanya untuk kelas mahasiswa Italia saja, MUNER membuka kelas yang diajarkan dengan menggunakan bahasa Inggris, sebagai kelas global. Para mahasiswa akan melakukan magang langsung di pabrikan otomotif ternama seperti Lamborghini.