Siri Bisa Bacakan Pesan di WhatsApp

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 26/04/2017 15:15 WIB
Siri Bisa Bacakan Pesan di WhatsApp Ilustrasi WhatsApp di iOS (CNN Indonesia/Aqmal Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna WhatsApp, khususnya di iOS, akan semakin senang dengan update terbaru dari layanan pesan instan ini tersebut.

Di update terbaru, WhatsApp yang sudah terintegrasi dengan Siri, kini semakin pintar. Pasalnya, fitur asisten digital tersebut tak hanya bisa diperintahkan untuk membuka aplikasi dan menulis pesan. Kini sudah bisa diminta untuk membaca pesan.

Selain untuk versi WhatsApp terbaru, pengguna yang bisa menggunakan layanan hanya bisa dimanfaatkan ketika sudah meng-upgarade ponselnya ke iOS 10.3 ke atas.


Ada syarat lain agar Siri bisa membaca pesan WhatsApp. Pertama, pengguna harus mengaktifkan 'Hey Siri' di fitur asisten digital tersebut. Cukup masuk ke setting, kemudian masuk ke Siri, aktifkan, lalu integrasikan ke aplikasi WhatsApp.

Setelah itu, untuk memastikan WhatsApp bisa membaca pesan, pengguna bisa memerintahkan "Hey Siri, read my last WhatsApp message." Kendati diperintah menggunakan pakai Bahasa Inggris, layanan ini bisa membaca pesan beragam bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Fitur ini adalah pelengkap dari layanan yang ditawarkan WhatsApp, seperti penambahan fitur Status yang mirip dengan Snapchat, dan sudah digunakan juga oleh Instagram (Stories) dan Facebook (Stories).

Rumor lain, WhatasApp dikabarkan segera meluncurkan fitur untuk menghapus sebuah pesan yang terlanjur terkirim. Fitur sudah bisa diakses melalui program beta WhatsApp.

Aplikasi pesan instan terbesar di dunia ini memberi bocoran bahwa dalam waktu dekat fitur 'unsend' ini akan segera hadir. Dari laporan TrustedReviews, fitur tersebut sudah lulus uji beta sebelum digulirkan ke pengguna.

Fitur 'unsend' ini bekerja dengan menarik sebuah pesan yang terlanjur terkirim ke lawan bicara. Namun fitur ini hanya bekerja ketika pesan yang ingin dihapus baru terkirim maksimal lima menit.

Selain itu, fitur ini juga hanya bisa berfungsi ketika pesan yang ingin dihapus belum dibaca atau bercentang biru.

Bersamaan dengan rencana bergulirnya fitur baru tersebut, WhatsApp turut dikabarkan bakal menghadirkan font baru di aplikasinya.