GIIAS 2017 Ajang Pamer Kekuatan Dua Pabrikan Jerman

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 01/07/2017 10:13 WIB
GIIAS 2017 Ajang Pamer Kekuatan Dua Pabrikan Jerman Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia -- Mercedes-Benz Distribusi Indonesia (MBDI) dan BMW Group Indonesia akan memanfaatkan ajang pamer Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus mendatang dalam memperkenalkan varian dari amunisi-amunisi terbarunya.

Deputy Director Marketing Communication Mercedes Benz Distribusi Indonesia Hari Arifianto, mengatakan sedikitnya lebih dari lima model yang diperkenalkan, dan kesemuanya akan konsen kepada sedan mewah dari Mercedes.

"Tentunya kami juga mau mengenalkan varian sport-nya dari banyak sedan yang AMG. Jadi kami rencananya ada area khusus display murni AMG, dan kami mau ngenalin beberapa pembaruan di sedan terhitungnya facelift deh," kata Hari di Jakarta.


Untuk varian lain seperti segmen sport utility vehicle (SUV), Hari menuturkan, ada kemungkinan perkenalannya tidak bersamaan dengan GIIAS 2017. Jadi, setelah usainya ajang pameran otomotif itu  keluarnya produk baru dari Mercedes masih tetap berlanjut.

"Kami ingin lebih agresif lagi di semua lini, terutama kami mau perkenalkan SUV lagi. Di Star Expo, kami akan kenalkan varian baru. Karena bukan masalah market-nya ya, karena kami sebagai market leader," ujarnya.

Sementara, Deputy Director Sales Operation and Network Development MBDI Karyanto Hardjosoemarto, menjelaskan ada berbagai kejutan yang dibawa oleh pabrikan asal Jerman itu ke dalam GIIAS 2017, yaitu untuk pertama membawa sedan hybrid.

Kata dia, sedan hybrid milik Mercedes tersedia dalam dua tipe, yaitu E-Class dan C-Class. Namun, dari kedua tipe tersebut belum akan di jual di Indonesia, hanya sekadar pamer dan test drive.

"Dengan hybrid harganya masih terlalu tinggi struktur pajak yang sekarang. Jadi kami tampilkan dulu, menunjukan ke market, produk kami ada disini," kata Karyanto.

Tidak jauh berbeda, BMW Group Indonesia, menyiapkan lebih dari lima model untuk diperkenalkan pada ajang yang sama. "Iya, banyak. Ya nanti bisa lebih dari lima model," kata Head of Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania di Jakarta.

Model-model yang akan diperkenalkan, kata dia, tidak seluruhnya berasal dari keluaran BMW, melainkan juga mobil ikonik asal Inggris MINI. "Bukan hanya seri tapi juga model," ungkapnya.

Tetapi, dalam kesempatan tersebut, Tania hanya sedikit memberikan informasi mengenai keluaran terbaru, baik dari BMW atau MINI. Tiga diantaranya adalah Seri M, Seri 5, MINI John Cooper Works (JCW) dan sisanya, ia meminta agar menunggu sampai peluncuran.

Ia menuturkan, bahwasanya dari  kendaraan yang dibawa oleh BMW sendiri lebih kepada sisi fungsi, tidak kepada segmentasi, gender maupun hobi dari para konsumennya.

"Yang perlu aku bilang, ini dari fungsionalitas kendaraan itu sendiri," kata Tania.