TIPS OTOMOTIF

Cara Mudah Cegah Kerusakan Parah Pada Kendaraan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 14/10/2017 12:18 WIB
Sebelum merawat kendaraan ke bengkel, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik demi menghindari kerusakan parah. Apa saja? Ilustrasi. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan pemilik kendaraan agar tidak terjadi kerusakan parah. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk mengetahui kondisi kendaraan roda empat, pemilik sebenarnya tidak harus melulu datang ke bengkel. Beberapa pengecekan ringan bisa dilakukan sendiri.

Meski tidak mengetahui pasti seluk beluk kendaraan, cara itu bisa membantu pemilik kendaraan menekan kemungkinan kerusakan parah. Lantas, cara mudah apa saja yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk merawat tunggangan mereka?

Volume pelumas
Kerala bengkel Nissan-Datsun Depok, Ade Haryawan menjelaskan pemilik kendaraan bisa memeriksa volume pelumas di bak penampungan. Di bagian ini terdapat tongkat pengakur pelumas atau biasa disebut dipstick.
"Hal yang bisa dilakuin sendiri, ya lakukan saja. Dipstick dicabut kemudian dilap, lalu masukkan lagi ke tempatnya untuk melihat sudah sebatas apa olinya," kata Ade kepada CNNIndonesia.com.


Cara ini juga bisa mengukur batas normal atau terendah pelumas. Jika indikasi sudah berkurang, Ade menuturkan pemilik bisa menambahkannya sendiri.

Air radiator
Pemilik kendaraan juga bisa mengecek sendiri jumlah air radiator. Jika dilihat jumlahnya normal atau sudah berkurang, pemilik kendaraan bisa menambahkannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. 
Minyak rem
Sebelum mulai berkendara, pemilik kendaraan sebaiknya mengecek sisa minyak rem. Pastikan minyak rem selalu terisi dalam jumlah tepat.  “Minyak rem jangan sampai kosong, karena pengguna kendaraan harus tahu itu,” ucapnya

Fan belt
Fan belt pada mobil berfungsi untuk memutar berbagai komponen mesin. Mulai dari memompa oli, hingga alternator juga bisa dicek sendiri.

"Bisa cek lihat sendiri. Paling gampang itu cek fan belt, cukup pakai senter akan terlihat retak aatau enggak. Kalau ada hal yang tidak normal baru bawa ke bengkel," imbuhnya.
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK