Tesla Tarik 11 Ribu Model X Karena Masalah Kursi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 17/10/2017 10:56 WIB
Tesla Tarik 11 Ribu Model X Karena Masalah Kursi Tesla tarik 11 ribu unit model X. (Foto: CNN Indonesia/Ervina Anggraini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan mobil listrik Tesla Motors menarik sedikitnya 11 ribu mobil sport utility vehicle (SUV) Model X di seluruh dunia. Perusahaan menemukan masalah mekanisme penguncian pada sederet kursi belakang.

Masalah terebut dikhawatirkan bisa memicu insiden kecelakaan saat sedang pengemudi memacu kendaraan di jalan.

Dalam laporannya, Reuters menyebutkan, penyesuaian perlu dilakukan pada kursi barisan kedua. Untuk modelnya, diprediksi rentang tahun pembuatan antara 28 Oktober 2016 sampai 16 Agustus 2017.
Pendiri sekaligus pimpinan Elon Musk, mengutarakan bahwa sekitar tiga persen dari kendaraan yang ditarik mungkin memiliki masalah dari deteksi pengujian internal.


Sementara, Tesla sendiri mengaku jika pihaknya belum menerima laporan tentang masalah atau kecelakaan akibat cacat tersebut.
Tesla Tarik 11 Ribu Model X Karena Masalah KursiInterior Tesla model X. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Tahun lalu, Tesla telah menarik 2.700 SUV Model X di Amerika Serikat pada bulan April 2016 karena engsel penguncian yang salah di jok baris ketiga.
Tidak hanya itu, perusahaan juga menarik 90 ribu sedan Model S di seluruh dunia pada 2015 karena adanya kemungkinan cacat pada sabuk pengaman depan dan setahun sebelumnya juga melakukan hal serupa untuk 29.222 model yang sama.

Alasannya, ialah ada masalah pada pengisian yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran.