Toyota Anggap Xpander dan Confero Tidak Ancam Avanza

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 08/11/2017 10:11 WIB
Toyota Anggap Xpander dan Confero Tidak Ancam Avanza Avanza yakin kehadiran Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander tak pengaruhi penjualan Avanza (dok. CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota yakin kehadiran Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero tak akan mengambil pasar Avanza. Kedua mobil itu malah dianggap akan berhadapan dengan Honda Mobilio.

Hal ini disampaikan Executive General Manager Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto. Alasannya, bentuk fisik Xpander yang lebih gaya, serupa dengan Mobilio.

"Kalau kami sebetulnya melihat Xpander lebih ke arah segmen yang udah dimasukin Mobilio, lebih stylish ya. Beda sekali Avanza atau Xenia," kata Soerjo kepada CNNIndonesia.com, pekan lalu.


Selain itu, perbedaan lain tampak dari pemilihan roda penggerak. Avanza berpenggerak roda belakang. Sedangkan Mobilio dan Xpander memiliki penggerak roda depan.

Perbedaan sistem penggerak ini menurutnya membuktikan pilihan konsumen yang ingin disasar oleh produsen tersebut.

"Satu untuk kuda beban (penggerak roda belakang), satu lagi sebagai passanger car (penggerak roda depan). Itu yang terjadi," ungkapnya lagi.

Sementara Confero, menurutnya lebih menyasar konsumen yang mengincar mobil kelas low cost green car (LCGC). Dengan demikian, mobil itu akan berhadapan dengan mobil sekelas Calya dan Sigra. Keunggulan Confero dari kedua mobil itu adalah dimensinya yang lebih besar.

"Masing-masing maker sudah mem-point (menunjuk) mana target segmennya. Seperti Xpander dia tidak mem-point customer-nya Avanza," ucapnya.

Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero mulai memperlihatkan eksistensinya sebagai alternatif kendaraan penumpang di Indonesia. Sebelumnya, dua mobil multi purpose vehicle (MPV) ini disebut-sebut yang bakal berdampak kepada penjualan Avanza. (eks/eks)