Uji Produk

Xiaomi Mi A1, Bekal Android Murni yang Layak Diperhitungkan

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Selasa, 05/12/2017 12:43 WIB
Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi kembali menunjukkan taringnya di ranah bisnis ponsel pintar. Bukan seedar memunculkan ponsel pintar dengan kemampuan serupa ponsel premium, kali ini Xiaomi justru menghadirkan ponsel Android murni.

Usai diluncurkan di New Delhi, India, produsen asal China ini tak perlu waktu lama untuk memboyong Redmi A1 ke Indonesia. Dibandingkan Android One versi sebelumnya, Xiaomi turut membenamkan ciri khas utamanya pada ponsel ini.

CNNIndonesia.com mendapat kesempatan untuk menjajal langsung salah satu varian Mi A1 berwarna Rose Gold dengan layar depan berwarna putih. Seperti apa performanya?


Xiaomi Mi A1, Bekal Android Murni yang Layak DiperhitungkanXiaomi Mi A1 (dok. CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Desain 'jelmaan' Mi 5X

Sepintas, tak ada yang terlihat istimewa pada Redmi A1. Mengingat Mi A1 memang mengadopsi desain sama persis dengan Xiaomi Mi 5X seperti layar IPS 5,5 inci dengan resolusi Full HD yang dilapisi pelindung layar Gorilla Glass.

Penempatan tombol power dan volume di sisi kanan ponsel, sebuah kamera depan, di bagian bawah terdapat sebuah speaker output, slot USB-C, dan port audio 3,5mm. Sementara serta slot kartu dan memori microSD tersimpan di 'laci' di sisi kanan.

Material metal membuatnya terlihat kokoh dan langsing dengan ketebalan hanya 7,3mm. Sudut melengkung membuatnya tetap pas saat disimpan di dalam saku celana jeans.

Xiaomi Mi A1, Bekal Android Murni yang Layak DiperhitungkanXiaomi Mi A1. (dok. CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Ciri khas sebagai 'iPhone dari China' masih terasa kental pada ponsel ini, terutama jika melihat pada bagian belakang Mi A1. Xiaomi meletakkan dual kamera di posisi yang sama persis dengan iPhone 7 Plus.

Hanya LED flash yang dibuat berbeda yakni di sisi kiri kamera. Sementara sebuah sensor pengenal sidik jari di bagian tengah bawah kamera belakang. Peletakan antena juga dibuat serupa dengan iPhone 7 Plus yakni di bagian bingkai belakang atas dan bawah. (evn)

1 dari 3