Penginapan Jepang Siapkan Sandal Berteknologi Tinggi

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Jumat, 26/01/2018 11:46 WIB
Penginapan Jepang Siapkan Sandal Berteknologi Tinggi Sandal berteknologi ini baru diluncurkan pada 25 Januari 2018 lalu di Jepang. (Nissan Motor/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat hal-hal yang sebelumnya mustahil menjadi nyata. Dampak perkembangan tersebut menjalar hampir ke seluruh aktifitas manusia.

Inovasi pun terus berdatangan seperti robot yang bisa salto hingga mobil swakemudi sudah bermunculan. Kini inovasi terkini datang dari industri perhotelan.

Sebuah penginapan di Hakone, sekitar 75 kilometer dari Tokyo dan memiliki pemandangan Gunung Fuji yang cantik ternyata menyimpan teknologi yang unik. Penginapan ini memiliki sandal yang sudah disematkan teknologi canggih.
Sandal ini mampu bergerak sendiri untuk menyambut tamu yang datang. Dilansir dari Reuters, sandal memiliki dua roda kecil dalam sol.


Selain roda, alas kaki ini pun dilengkapi dengan mesin penggerak dan sensor. Dengan alat kontrol, sandal ini bisa merapikan diri sendiri dan siap siaga menghampiri tamu penginapan.

Teknologi yang disematkan dalam sendal canggih ini dibuat oleh Nissan Motor. Produsen ini menggunakan teknologi ProPilot di sandal tersebut, yang sebelumnya sudah mereka aplikasikan di mobil listrik Leaf.

Pada dasarnya sandal ini menyontek fitur swaparkir yang ada di Leaf. Hanya saja penerapannya lebih sederhana ketimbang yang di mobil.
"Sandal swaparkir ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran teknologi kendaraan otomatis, potensinya, yang tak berhubungan dengan berkendara," ucap juru bicara Nissan, Nick Maxfield.

Tidak hanya sandal, penginapan tersebut pun memasang perabotan yang bisa bergerak sendiri. Ada bantal lantai dan meja tradisional yang punya roda dan bisa merapikan dirinya sendiri. (age/age)