Konsumen Keluhkan 'Pletak-pletek' Mesin Mitsubishi Xpander

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 30/01/2018 14:52 WIB
Konsumen Keluhkan 'Pletak-pletek' Mesin Mitsubishi Xpander Bunyi aneh keluar dari mesin Mitsubishi Xpander. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumen Mitsubishi Xpander berkeluh kesah di laman facebook pribadinya. Keluhan dilontarkan Rachmat Irawan pemilik mobil, lantaran mesin Xpander miliknya mengeluarkan suara tidak wajar.

Praktis postingan tersebut mendapat respon warga net dan dibagikan (share) sebanyak 10 dan mendapat komentar sebanyak 20 dari netizen.

"Engine failure. Entah kesalahan perakitan karena besarnya permintaan pasar. Dua minggu sudah sejak ditarik Ciwangi Berlian Ciputat sampai saat ini tidak ada kejelasan, sudah tiga hari susah sekali dihubungi seakan-akan mereka cuci tangan, kami diminta menunggu dan menunggu tanpa kejelasan yang pasti," tulis Rachmat.
"Sebagai konsumen kami merasa dirugikan dengan ketidakjelasan unit yang kami miliki. Kami hanya ingin kejelasan status dari unit yang sudah kami beli dengan tunai," tambah Rachmat.


Menurut ayah dari Rachmat, Mulyadi saat dihubungi CNNIndnesia.com, Selasa (30/1), setelah unit diterima dari dealer tempat Ia membeli mobil, mesin mobil mulai menunjukan keanehan. Sejak saat itu Ia menghubungi dealer untuk mendapat penjelasan. Mobil diterima Mulyadi dari dealer pada 25 Desember 2017 dan 'ditarik' pihak dealer pada 11 Januari 2018 untuk dilakukan perbaikan.

"Masalah mesin mengeluarkan suara (saat mesin dalam kondisi idle), bunyinya kencang banget. Itu pas mesin mobil dinyalakan posisi diam, kalau mobil jalan malah tidak terasa (tak mengeluarkan suara). Bunyi itu terdengar saat pemakaian km mobil sudah menempuh 300 km," kata Mulyadi.
Ia mengaku tidak mengetahui pasti apa penyebab mesin mobilnya megeluarkan suara. Namun, Mulyadi khawatir jika terus dipakai malah menyebabkan kerusakan para pada bagian mesin.

"Nggak tahu saya juga. Cuma bunyinya kenceng aja. Keluhan hanya itu. Seperti klep, tapi kalau klep kan (bunyinya) tek tek tek. Nah ini pletak-pletek dari dalam," jelas Mulyadi menceritakan konsidi mesin mobilnya.

Mobil dibawa kembali ke dealer

Dengan kondisi itu, Ia melanjutkan bahwa keluhan tersebut telah disampaikan ke dealer terkait. Kepada Mulyadi, pihak dealer mengatakan memang ada kesalahan pada mesin mobil. Tetapi, untuk detail kerusakan, tidak diinformasikan pihak dealer. Mobilnya 'ditarik' dealer Ciwangi Berlian Ciputat sejak tiga pekan lalu.
"Sudah coba saya bawa ke bengkel resmi, katanya tidak bisa (diperbaiki). Karena masalah di dalam mesin. Mereka tidak begitu jelasin ke kami sampai sekarang juga masalah mobilnya kenapa. Belum ada penjelasan kerusakannya," ucapnya.

Untuk menjaga agar kerusakan pada bagian mesin tidak menyebar, mobil milik Mulyadi pun ditowing. Saat ini Mulyadi memperoleh mobil pengganti sementara yang diantar ke rumahnya pada Senin (29/1) malam.

"Untuk kejelasan akan mobilnya itu belum ada respon dari pihak dealer Mitsubishi. Sekarang masih dikasih unit pengganti saja, baru dateng semalam. Padahal unit sudah diambil dari tiga minggu lalu," pungkas Mulyadi.
Untuk sementara, Mulyadi tengah menanti keputusan pihak dealer. Jika pun harus mengganti mesin, seperti tak perlu khawatir sebab garansi mesin mobil mencapai 3 tahun dari Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). (mik)


BACA JUGA